Mengenal 2 Jenis LoA untuk Mendaftar Beasiswa LPDP

Minggu, 26 November 2023 - 09:31 WIB
loading...
Mengenal 2 Jenis LoA untuk Mendaftar Beasiswa LPDP
LoA (Letter of Acceptance) menjadi salah satu syarat pendaftaran wajib beasiswa LPDP. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - LoA (Letter of Acceptance) menjadi salah satu syarat pendaftaran wajib beasiswa LPDP . Apa itu LoA dan bagaimana cara mendapatkannya perlu diketahui calon pendaftar beasiswa LPDP.

Beasiswa LPDP adalah program bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri untuk jenjang magister dan doktor serta untuk mendukung program beasiswa lain dari kementerian/lembaga terkait.

Beasiswa LPDP pada 2023 membuka untuk tiga program yaitu program Umum mencakup beasiswa Reguler, Perguruan Tinggi Utama Dunia, dan beasiswa Parsial.

Dilanjut dengan program Targeted yakni beasiswa PNS, TNI, Polri, lalu beasiswa Kewirausahaan, beasiswa Pendidikan Kader Ulama, dan Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis.

Baca juga: 20 Universitas Top Dunia Penerima Beasiswa LPDP Terbanyak, Australia dan Inggris Terbanyak

Terakhir ada program Afirmasi yakni beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Putra Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, dan Beasiswa Prasejahtera.

Salah satu syarat pendaftaran yang wajib dimiliki untuk mendaftar beasiswa LPDP adalah LoA. LOA ini akan dilampirkan sebelum mendaftar maupun sesudah lolos seleksi administrasi. LoA pun terbagi atas LoA Conditional dan LoA Unconditional.

Dikutip dari laman Schoters, berikut ini informasi mengenai LoA.

Letter of Acceptance (LoA)


Letter of Acceptance (LoA) adalah surat resmi yang diberikan oleh universitas kepada calon mahasiswa yang telah diterima untuk kuliah di universitas tersebut. Setiap universitas pasti mengeluarkan surat ini setelah kalian lolos semua seleksi yang ditetapkan oleh universitas. Terdapat dua jenis LoA, yaitu LoA Conditional dan LoA Unconditional.

Perbedaan LoA Conditional vs LoA Unconditional


LoA Conditional diberikan kepada calon mahasiswa yang belum memenuhi semua persyaratan pendaftaran seperti hasil tes bahasa Inggris, surat rekomendasi, atau persyaratan lainnya yang dapat disusulkan kemudian. LoA ini memberikan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelum calon mahasiswa dapat terdaftar atau diterima sebagai mahasiswa aktif.

LoA Unconditional diberikan kepada calon mahasiswa yang telah memenuhi semua persyaratan pendaftaran tanpa syarat tambahan. LoA ini menandakan bahwa calon mahasiswa dapat langsung terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada universitas tersebut tanpa perlu menyelesaikan syarat-syarat tambahan.

LoA Unconditional mengandung informasi sebagai berikut:

1. Program studi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)