8 Jurusan dengan Potensi Pengangguran Tertinggi, Apa Saja Itu?

Senin, 27 November 2023 - 13:43 WIB
loading...
8 Jurusan dengan Potensi Pengangguran Tertinggi, Apa Saja Itu?
Ada sejumlah jurusan dengan potensi pengangguran tinggi. Hal ini karena lulusannya sulit mendapat pekerjaan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan dengan potensi pengangguran tinggi. Hal ini karena lulusannya sulit mendapat pekerjaan.

Berdasarkan data BPS tahun 2022, lulusan universitas memang memiliki tingkat pengangguran yang lebih tinggi ketimbang lulusan akademi atau diploma.

Dari data BPS pada Februari 2022, lulusan universitas yang menganggur sebanyak 884.769 orang. Sementara untuk lulusan akademi dan diploma sebanyak 235.395 orang.

Hal tersebut kemungkinan disebabkan karena banyaknya jumlah universitas di Indonesia ketimbang akademi maupun diploma. Dari angka pengangguran ini, ada beberapa jurusan dengan potensi pengangguran tinggi.

8 Jurusan dengan Potensi Pengangguran Tertinggi


1. Sejarah


Dalam survei yang dilakukan oleh Hotcourse Indonesia pada tahun 2014-2016 menyebutkan jika lulusan prodi sejarah memiliki angka pengangguran yang cukup tinggi, yakni mencapai 50,7%. Hal tersebut kemungkinan karena minimnya perusahaan di Indonesia yang membutuhkan sarjana sejarah.

2. Sastra Asing


Sastra asing juga menjadi salah satu jurusan yang punya potensi pengangguran yang tinggi. Ini disebabkan juga oleh minimnya perusahaan yang membutuhkan seorang bergelar sarjana sastra asing.



Salah satu potensi pekerjaan yang dimiliki oleh lulusan sastra asing di Indonesia adalah lowongan yang membuka pekerjaan untuk semua jurusan.

3. Pariwisata


Meskipun Indonesia memiliki banyak tempat pariwisata yang menakjubkan, namun kebanyakan lulusan pariwisata justru sulit menemukan pekerjaan.

Hal tersebut bisa karena tingkat persaingan yang tinggi dan fluktuasi dalam industri pariwisata. Ini membuat banyak lulusannya sulit mendapatkan pekerjaan yang stabil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)