Cara Daftar KIP Kuliah Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Cek Urutannya Buat Persiapan 2024

Selasa, 28 November 2023 - 10:15 WIB
loading...
Cara Daftar KIP Kuliah Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Cek Urutannya Buat Persiapan 2024
Siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang akan melanjutkan pendidikan tinggi namun terkendala biaya, bisa memanfaatkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tata cara pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBP, SNBT dan Mandiri. Siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang akan melanjutkan pendidikan tinggi 2024 namun terkendala biaya, bisa memanfaatkan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2024.

Sebelum mendaftar, siswa kelas 12 perlu tahu tata cara pendaftaran KIP Kuliah Merdeka untuk seluruh jalur masuk perguruan tinggi negeri baik di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri.

Penting diketahui bahwa cara mendaftar KIP Kuliah untuk semua jalur yakni SNBP, SNBT dan jalur Mandiri dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah Merdeka yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Selanjutnya, penerima KIP Kuliah Merdeka ditetapkan oleh Puslapdik atas usulan perguruan tinggi setelah mahasiswa melakukan registrasi dan diterima secara resmi sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi.

Cara Daftar KIP Kuliah untuk Semua Jalur


Dilansir dari laman KIP Kuliah, pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka dilakukan melalui dua cara, yakni:

a. Siswa mendaftar secara mandiri

b. Perguruan tinggi mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

Untuk pendaftaran akun di laman KIP Kuliah Merdeka, calon penerima harus memasukkan data yang valid di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud Ristek sebagai berikut:

a. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

b. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

c. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)