UT Wisuda 2.100 Lulusan, 2 Tokoh Ini Jadi Wisudawan Kehormatan

Selasa, 28 November 2023 - 16:15 WIB
loading...
UT Wisuda 2.100 Lulusan, 2 Tokoh Ini Jadi Wisudawan Kehormatan
Wali Kota Madiun Maidi dan Tina Toon menjadi wisudawan kehormatan pada Wisuda UT Periode 1 Wilayah 2. Foto/UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menggelar wisuda untuk 2.100 wisudawan jenjang diploma, sarjana, magister, doktoral, dan program PPG. Wali Kota Madiun Maidi dan Tina Toon menjadi Wisudawan Kehormatan.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengapresiasi, Wali Kota Madiun Maidi (lulus S3 Administrasi Publik) dan artis, penyanyi, politikus Agustina Hermanto atau yang biasa disapa Tina Toon yang berhasil lulus kuliah meski harus berjuang membagi waktunya menjadi tokoh publik.

Pada Wisuda UT Periode 1 Wilayah 2 ini UT menetapkan keduanya sebagai wisudawan kehormatan. Keduanya dianggap sebagai tokoh-tokoh yang menginspirasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat atas keberadaan UT.

"Yang melandasi penentuan gelar wisudawan tersebut adalah aspek pengelolaan waktu dan aspek figur tokoh yang dikenal masyarakat," katanya, dalam keterangan resmi, Selasa (28/11/2023).

Baca juga: Jadi Doktor Pertama UT, Ini yang Jadi Studi Disertasi Wali Kota Madiun

Menurut rektor, tidak seperti perguruan tinggi tatap muka, UT dengan sistem kuliah online dan fleksibel cocok bagi mereka yang sudah bekerja namun tetap ingin melanjutkan kuliah.

"Cara belajar jarak jauh cocok bagi mereka yang sangat sibuk dengan pekerjaan yang mereka tekuni. UT bisa kuliah kapan saja, di mana saja, dan dalam keadaan apa saja. Itu hakikat dari Merdeka Belajar," ungkapnya.

Pada gelaran wisuda kali ini, terdapat lulusan pertama program doktoral dan lulusan pertama program Pendidikan Profesi Guru (PPG). UT mulai diberi mandat menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan dan Prajabatan mulai tahun ini. Saat ini lulusan PPG Dalam Jabatan berjumlah 83 orang.

Baca juga: Wali Kota Madiun Jadi Lulusan Doktor Pertama Universitas Terbuka

Wali Kota Madiun Maidi menyatakan, keuntungan kuliah S3 di UT ialah bisa membantu dia sebagai pejabat publik untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat melalui bantuan saran dan masukan dari para dosen di UT.

Dia menyampaikan, pejabat publik memiliki tanggung jawab utnuk terus menjadi manusia pembelajar sepanjang hayat sehingga bisa menambah keilmuannnya agar bisa mengambil keputusan yang terbaik dan berdampak kepada masyarakat.

Selain wisudawan kehormatan terdapat wisudawan lulusan terbaik dengan predikat
kelulusan Dengan Pujian yang diraih Rifqi Pratama (Program Diploma D-III, NIM
041794876), dari UT Tarakan dengan Prodi D-III Perpajakan, lulus dengan IPK 3,90.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)