Dukung Inisiasi Green Campus, Unpad Jadi Pionir Layanan Beam Mobility

Selasa, 28 November 2023 - 20:35 WIB
loading...
Dukung Inisiasi Green Campus, Unpad Jadi Pionir Layanan Beam Mobility
Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat menjadi pionir penyedia layanan transportasi-berbagi (ride-sharing) sepeda listrik Beam Mobility. Foto/Ist
A A A
SUMEDANG - Universitas Padjadjaran (Unpad) , Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat menjadi pionir penyedia layanan transportasi-berbagi (ride-sharing) sepeda listrik Beam Mobility.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Arief S. Kartasasmita, dr. SpM(K), M.Kes., Ph.D., mengatakan, inisiasi green campus ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama antar kedua pihak yang telah dilakukan pada 14 November 2023.

"Peresmian layanan operasional Beam Mobility juga ditandai melalui dukungan sepeda listrik bagi peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang diselenggarakan di kampus Universitas Padjadjaran selaku tuan rumah pada 26 November sampai dengan 1 Desember 2023," kata Kartasasmita, dalam keterangan resminya, Selasa (28/11).

Unpad, ujar dia, kampus yang besar, baik dari segi jumlah mahasiswa maupun secara geografis. Kampus Jatinangor yang menjadi kampus utama memiliki luas 178 hektar lebih dengan kontur yang berbukit-bukit.

"Dalam kondisi seperti itu tentu dibutuhkan sarana untuk meningkatkan mobilitas sivitas akademika. Kolaborasi bersama Beam Mobility menjadi salah satu solusi untuk itu," imbuhnya.



Pada tahun ajaran 2021/2022, Unpad memiliki lebih dari 42.000 mahasiswa yang tersebar pada 16 fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana, dengan 1.739 tenaga pendidik dan 1.750 tenaga kependidikan. "Unpad juga menganut green concept melalui penyediaan berbagai fasilitas penunjang yang ramah lingkungan, " sambungnya.

Dalam hal ini, jelasnya, kerja sama dengan Beam Mobility merupakan upaya untuk memfasilitasi mobilisasi sivitas akademika Unpad melalui transportasi zero-emission di lingkungan kampusnya.

"Saat ini Unpad sedang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36 yang pesertanya berasal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia," ujar Kartasasmita.

Berkaitan dengan itu, tambahnya lagi, kehadiran Beam Mobility menjadi penting untuk difokuskan sebagai pelayanan bagi peserta Pimnas. "Selain untuk mobilitas antar kegiatan, penggunaan kendaraan dari Beam Mobility ini memberikan kesempatan peserta Pimnas untuk menikmati alam di sekitar kampus Jatinangor,” pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4929 seconds (0.1#10.140)