Begini Cara Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula, Dijamin Cepat Mahir!

Selasa, 28 November 2023 - 21:19 WIB
loading...
Begini Cara Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula, Dijamin Cepat Mahir!
Belajar bahasa Jepang untuk pemula tidak boleh dilakukan secara sembarang, supaya hasilnya lebih terlihat dan efektif. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Belajar bahasa Jepang untuk pemula tidak boleh dilakukan secara sembarang, supaya hasilnya lebih terlihat dan efektif.

Mempelajari bahasa asing , terutama Jepang tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan, namun terdapat beberapa cara untuk mempercepat pemahaman tentang bahasa asing yang sedang dipelajari.

Lalu, bagaimana metode yang efektif untuk mempelajari bagi para pemula? Dikutip berbagai sumber pada Selasa (28/11/2023), berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

1. Kenali Huruf Jepang Terlebih Dahulu


Berbeda dengan bahasa Indonesia, bahasa Jepang mempunyai 3 sistem huruf, yakni Kanji, Katakana, dan Hiragana. Anda perlu memahami ketiganya. Alasan utamanya adalah karena pemakaian ketiga sistem aksara tersebut saling berkaitan. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau orang Jepang menggunakan sistem huruf yang berbeda secara bersamaan.

- Kanji: Huruf kanji merupakan jenis aksara yang tertua dalam sistem huruf Jepang. Kanji merupakan sistem aksara yang merupakan hasil adopsi dari aksara Hanzi dari Tiongkok. Hanya saja, huruf-huruf kanji punya bentuk yang lebih sederhana dibandingkan Hanzi.
- Hiragana: Berbeda dengan kanji, hiragana merupakan sistem huruf asli dari Jepang. Awalnya, hiragana hanya digunakan oleh para wanita. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaannya pun meluas dan sejak awal abad ke-10, hiragana dipakai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.
- Katakana: Merupakan sistem huruf yang berfungsi sebagai pelengkap. Keberadaannya, lagi-lagi terjadi karena banyak orang Jepang yang punya kesulitan dalam memahami huruf kanji. Dalam perkembangannya, katakana dipakai oleh masyarakat Jepang dalam menuliskan kata-kata serapan.

2. Memahami Tata Bahasa Jepang


Setelah mengetahui huruf Jepang sebagai awal yang penting untuk belajar bahasa Jepang, langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang dasar tata bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, terdapat beberapa bentuk kalimat yang perlu diketahui seperti past, non-past, polite and plain.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui sistem penulisan dalam bahasa Jepang yang dimulai dari kanan ke kiri, atas ke bawah. Mengetahui dasar tata bahasa Jepang ini sangat berguna untuk membantu pemula dalam memahami bahasa Jepang dengan lebih cepat.

3. Tonton Anime


Saat ini, Jepang menawarkan banyak anime yang sangat menarik seperti One Piece dan Naruto. Selain bermanfaat sebagai sarana hiburan, menonton anime juga bagus untuk kamu yang sedang belajar bahasa Jepang.

4. Dengarkan Podcast Berbahasa Jepang


Membiasakan diri untuk mendengar percakapan dalam bahasa Jepang akan sangat membantu proses belajar Anda. Dengan terbiasa mendengarnya dari orang Jepang asli, Anda akan terbiasa dengan cara berbicara dan struktur kalimat bahasa Jepang.

5. Dengarkan Lagu Berbahasa Jepang


Selain melalui percakapan, Anda juga bisa belajar dari mendengarkan lagu-lagu Jepang ciptaan musisi yang Anda sukai. Dengan demikian, Anda akan terhibur dengan musiknya yang asik dan sekaligus belajar bahasa Jepang.

6. Lakukan Percakapan dengan Penutur Asli


Cara cepat belajar bahasa Jepang berikutnya adalah belajar langsung dengan orang lain. Penting untuk menemukan komunitas pembelajaran yang mendukung untuk membantu Anda sepanjang perjalanan belajar bahasa Jepang.

Pertukaran bahasa online adalah metode pembelajaran di mana Anda berbicara bahasa Jepang dengan penutur asli secara online, biasanya sambil membantu mereka berlatih bahasa Anda. Download beberapa aplikasi pertukaran bahasa untuk mendapatkan pengalaman ini.

7. Latih Otak untuk Berpikir dalam Bahasa Jepang


Berpikir dalam bahasa Jepang akan memungkinkan Anda untuk berlatih menggunakan kata-kata baru. Dengan begitu, ketika Anda mengakhiri percakapan dalam bahasa Jepang, Anda akan dapat mengungkapkan pikiran dan menemukan kata-kata dengan lebih mudah.

8. Membaca Artikel Berbahasa Jepang


Membaca artikel berbahasa Jepang dapat membantu Anda dalam menyempurnakan teknik membaca dalam bahasa Jepang dengan cepat. Anda bisa mengkombinasikannya antara membaca dengan mendengarkan yaitu dengan bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

9. Latih Skill Menulis


Menulis adalah kegiatan yang dapat merefleksi otak untuk mengingat sesuatu. Oleh karena itu, cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang.

Sambil menyelam minum air. Metode ini jelas sangat efektif karena kita akan berpikir sekaligus melafalkan ketika kita menulis. Oleh karena itu, untuk Anda yang hendak memahami bahasa Jepang dengan cepat, metode menulis kalimat bahasa Jepang wajib dilakukan.

10. Konsisten


Salah satu kunci utama untuk menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang, dengan cepat adalah konsistensi saat belajar. Menyisihkan waktu untuk belajar dan berlatih bahasa Jepang setidaknya 15 menit setiap harinya dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dengan cepat.

Itulah beberapa tips belajar bahasa Jepang untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Bagaimana pun, meski bahasa bisa dipelajari secara otodidak, namun terkadang Anda tetap membutuhkan bantuan tutor atau guru.

Yuk ikutan kursus bahasa Jepang dari Cakap di AladinMall mumpung ada harga spesial sekaligus gratis ongkir tanpa batas! Download aplikasinya di Google Play dan App Store sekarang!
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)