Daftar PTN yang Membuka Jalur Khusus Ketua OSIS, Peluang Emas Kuliah 2024

Kamis, 30 November 2023 - 14:24 WIB
loading...
Daftar PTN yang Membuka Jalur Khusus Ketua OSIS, Peluang Emas Kuliah 2024
Sejumlah PTN membuka jalur khusus ketua OSIS pada penerimaan mahasiswa baru. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) membuka jalur khusus ketua OSIS pada seleksi penerimaan mahasiswa baru. Berikut ini daftarnya sebagai rekomendasi kuliah di tahun 2024.

Menjadi ketua OSIS memberi keuntungan bagi siswa. Sebagai organisasi yang mewadahi siswa, OSIS menjadi cikal bakal untuk menapaki organisasi berikutnya ketika berada di perguruan tinggi seperti BEM, UKM, dan organisasi kepemudaan lainnya.

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi siswa jika terpilih menjadi ketua OSIS, kalian bisa menggunakan status sebagai ketua OSIS untuk masuk di jalur khusus yang disediakan perguruan tinggi negeri (PTN).

Baca juga: Unpad Buka Jalur Khusus Alumni Berprestasi di Pendaftaran SMUP Pascasarjana

Berikut ini 5 PTN yang menyediakan jalur khusus ketua OSIS pada 2023 sebagai informasi daftar kuliah 2024 mendatang.

5 PTN yang Membuka Jalur Ketua OSIS

1. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Universitas Hasanuddin merupakan satu-satunya PTN di luar Pulau Jawa yang membuka jalur khusus ketua OSIS bahkan jadwal penerimaanya lebih dulu dibanding jalur mandiri Unhas lainnya.

Penerimaan mahasiswa baru di Unhas khusus untuk ketua OSIS di jalur mandiri. Jalur ketua OSIS di Unhas tahun ini dibuka pada 14 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui laman regpmb.unhas.ac.id.

2. IPB University


PTN yang dipimpin oleh Prof Arif Satria ini juga membuka jalur ketua OSIS bahkan sejak 2019 lampau. Sama seperti Unhas, IPB University membuka jalur ketua OSIS di seleksi mandiri. Paa 2023 jalur ini dibuka 1 Februari hingga 31 Maret 2023.

3. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Baca juga: 15 Jurusan Favorit di USU, Unimed, dan UINSU, Pilihan untuk SNBP 2024

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka jalur untuk ketua OSIS di jalur Prestasi Kepemimpinan dan bahkan tak hanya ketua namun sekretaris OSIS punya kesempatan di jalur ini. Kalian cukup sertakan surat keputusan atau sertifikat pengurus OSIS dari kepala sekolah untuk mendaftar.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta


Jalur khusus ketua OSIS di Universitas Sebelas Maret dibuka pada Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda yang pernah mengemban sebagai ketua OSIS dan Pramuka minimal satu periode.

Jalur untuk ketua OSIS dan ketua Pramuka di UNS tahun ini dibuka 23 Mei hingga 10 Juni 2023. Setiap pendaftar diberikan kesempatan untuk memilih maksimal dua program studi.

5. Universitas Airlangga (Unair)


Universitas Airlangga mempunyai seleksi golden ticket yang salah satu kriteria penerimanya adalah ketua OSIS tanpa tes karena dianggap memiliki prestasi luar biasa.

Golden ticket tahun ini dibuka bersamaan dengan Airlangga Education Expo (AEE) pada 3-5 Februari 2023. Selain ketua OSIS, golden ticket juga diberikan kepada para penghafal kitab suci agama yang diakui di Indonesia, dan prestasi akademik dan non akademik lainnya.

Demikian tadi 5 PTN yang membuka jalur khusus untuk ketua OSIS . Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3151 seconds (0.1#10.140)