6 Tips Belajar UTBK Paling Efektif, Lulus Ujian Tanpa Kendala

Kamis, 30 November 2023 - 15:49 WIB
loading...
6 Tips Belajar UTBK Paling Efektif, Lulus Ujian Tanpa Kendala
Tips belajar UTBK ini diklaim efektif sebagai persiapan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Tips belajar UTBK ini diklaim efektif sebagai persiapan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Merujuk pada persyaratan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023, UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang bisa diikuti oleh kelas 12 SMA atau sederajat dan alumni lulusan 2021 dan 2022.

Lulusan Paket C tahun 2021 dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun pun juga diberi kesempatan mengikuti SNBT 2023.

Nah, agar siap dan lulus UTBK, kamu siapkan diri sebaik mungkin. Salah satu yang biasa dilakukan oleh para siswa SMA adalah ikutan tryout .

Tips Belajar UTBK

1. Siapkan Mental


Secara mental kamu harus sadar akan menghadapi UTBK. Kamu juga harus membangun mindset kalau yang kamu lakukan sekarang sifatnya jangka panjang.

Jangan pernah beranggapan UTBK masih jauh. Sebaliknya, kamu bisa mulai menyiapkan diri dengan beberapa cara simpel. Misalnya, ganti wallpaper ponsel atau laptop dengan kutipan yang menyemangatkan kamu terkait UTBK. Atau tulis kampus yang mau kamu tuju di kertas, lalu tempel di tembok kamar.

2. Membuat Target dan Rencana Belajar


Bila mental sudah siap, selanjutnya kamu buat target belajar! Caranya, kamu kelompokkan dulu mapel yang belum dikuasai. Prioritaskan mapel yang sulit dimengerti atau mapel dengan jumlah sub-bab terbanyak. Sehingga, kamu masih mempunyai cukup waktu untuk mengejar ketertinggalan.

Agar tidak cepat bosan, kamu bisa belajar sambil mendengarkan lagu atau mengombinasikan dengan materi yang lebih ringan. Jangan dipaksa kalau udah nggak kuat, nanti pusing sendiri lho. Hihihi.

3. Pahami Konsep dan Materi


Kesalahan siswa dalam belajar yaitu menghafal bukan memahami konsep. Kamu harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal PTS atau PAS. Tipe soal yang diberikan pun akan berbeda setiap harinya.

4. Perbanyak Latihan Soal dan Tryout


Dengan mengerjakan latihan soal UTBK , kamu dapat mengukur kemampuan dalam memahami materi. Jangan lupa, Selain itu, tryout UTBK juga bisa menjadi simulasi UTBK yang sesungguhnya. Semakin sering mengikuti tryout, kamu semakin terbiasa menghadapi berbagai tipe soal.

5. Fokus, Disiplin, dan Istirahat


Tentukan fokus dan disiplin dengan cara mengingat tujuan utama kamu adalah masuk ke perguruan tinggi negeri. Cari tempat yang nyaman dan membantu kamu berkonsentrasi dan pahami gaya belajar yang paling mudah bagimu. Apakah visual, auditori, atau kinestetik?

Terakhir, jangan lupa istirahat. Tubuh dan pikiran kamu juga butuh rehat setelah berpikir. Jangan terlalu memaksakan diri dalam belajar.

6. Jaga Kesehatan


Pastikan kesehatan dan daya tahan tubuh selalu dalam keadaan prima. Kalau daya tahan tubuh kamu menurun, maka akan berpengaruh pada produktivitas belajar kamu, lho. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan seperti cukup tidur 6-8 jam sehari, olahraga 15 menit tiap hari, dan memperbanyak konsumsi buah atau sayur.

Itulah enam tips belajar UTBK paling efektif. Dapatkan diskon hingga 50% untuk pembelian paket tryout di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)