17 Jenis Beasiswa LPDP 2024 yang Penting Diketahui, Persiapan Daftar Awal Tahun

Sabtu, 02 Desember 2023 - 07:53 WIB
loading...
17 Jenis Beasiswa LPDP 2024 yang Penting Diketahui, Persiapan Daftar Awal Tahun
Bagi kamu para pemburu beasiswa, setidaknya ada 17 jenis beasiswa LPDP tahun 2024 yang perlu diketahui sebagai referensi mendaftar di awal tahun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 17 jenis beasiswa LPDP yang perlu diketahui para pemburu beasiswa. Setiap tahun beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP selalu membuka pendaftaran tak terkecuali di 2024 yang diperkirakan siap dibuka awal tahun.
Beasiswa LPDP umumnya dibagi ke dalam empat kategori yaitu beasiswa targeted, afirmasi, umum, dan kolaborasi. Keempat kategori ini lalu dibagi lagi ke dalam sub kategori beasiswa berdasarkan perbedaan penerima beasiswa serta syaratnya. Artikel kali ini akan membahas17 jenis beasiswa LPDP, apa saja? Simak ya!

17 Jenis Beasiswa LPDP 2024 yang Perlu Diketahui

A. Jenis Beasiswa Targeted


1. Beasiswa PNS/TNI/POLRI


Adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, dan anggota POLRI untuk kuliah S2 dan S3.

2. Beasiswa Kewirausahaan

Beasiswa Kewirausahaan adalah program beasiswa yang diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang bergerak di bidang kewirausahaan (entrepreneurship) untuk menempuh jenjang S2 satu gelar di luar negeri.

3. Beasiswa Pendidikan Kader Ulama

Beasiswa jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP yang diperuntukan bagi calon ulama kuliah S2 dan S3.

4. Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis

Beasiswa ini dimaksudkan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Dokter Spesialis, Dokter Gigi Spesialis, dan Dokter Subspesialis dalam rangka pemenuhan dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

5. Beasiswa Fellowship

Dokter Spesialis Sasaran Beasiswa Fellowship adalah Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai dokter spesialis yang mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Ijin Praktik (SIP) sebagai Dokter Spesialis.

6. Beasiswa Kerja Sama Bidang Kewirausahaan (MSc in Venture Creation)

Merupakan program kerja sama pendanaan (Co-Funding) antara LPDP dengan National University of Singapore (NUS) Enterprise untuk para pengusaha.

7. Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU

Beasiswa Kerja Sama Metalurgi NEU adalah program kerja sama pendanaan bersama antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), LPDP, Northeastern University dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. Ltd. Untuk kuliah S2 selama 36 bulan. 8. Beasiswa Diktiristek-LPDP-OKP/StuNed

Diperuntukkan bagi warga negara Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan di beberapa Universitas Belanda pada program studi spesifik dengan durasi pendanaan paling lama 18 (delapan belas) bulan.

9. Beasiswa Kerja Sama Metalurgi CSU

Adalah Program Beasiswa Kerja Sama Indonesia - Tiongkok Bidang Metalurgi Dan Sains Material di Central South University, Republik Rakyat Tiongkok. Pihak LPDP mendanai beasiswa pada tahun pertama dan GEM Co., Ltd. mendanai beasiswa pada tahun kedua dan ketiga.



B. Jenis Beasiswa Afirmasi


1. Beasiswa Penyandang Disabilitas



Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa S2/S3 yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan LPDP, yaitu: Penyandang Disabilitas Fisik Penyandang Disabilitas Intelektual Penyandang Disabilitas Mental Penyandang Disabilitas Sensorik Penyandang Disabilitas Ganda atau Multi Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri, Uang Saku di Atas Rp 15 Juta Per Bulan

2. Beasiswa Daerah Afirmasi
Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

3. Beasiswa Prasejahtera


Beasiswa Prasejahtera adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister, yang terdaftar dan aktif sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/ penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

4. Beasiswa Putra-Putri Papua

Adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi putra-putri daerah Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

C. Jenis Beasiswa Umum


1. Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler adalah beasiswa jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi Warga Negara Republik Indonesia melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan LPDP.

2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)

Adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

3. Beasiswa Parsial

Beasiswa Parsial adalah beasiswa umum untuk jenjang magister dan doktor yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia dengan skema pendanaan bersama antara LPDP dengan individu Penerima Beasiswa.

D. Jenis Beasiswa Kolaborasi


Beasiswa Kolaborasi Kemendikbud Ristek Beasiswa kolaborasi ini memiliki program- program yang diinisiasi oleh Kemendikbud dan bertujuan untuk mendorong semangat belajar baik kalangan pelajar, pendidik, hingga budayawan. Berikut program yang didanai LPDP:

a. Kampus Mengajar
b. Magang & Studi Independen Bersertifikat (microcredentials)
c. Mobilitas Internasional
d. Pertukaran Mahasiswa Merdeka
e. Program Dosen & Tendik
f. Riset Keilmuan
g. Magang di Industri
h. Magang di Perguruan Tinggi Kelas Dunia
i. Program Guru & Tendik
j. Beasiswa S2 Guru (DN / LN)
k. Sertifikasi Guru (Microcredentials)
l. Beasiswa S3 Guru (DN)
m. Magang di Industri Guru SMK
n. Beasiswa S1 Guru SMK
o. Beasiswa Kegiatan Dosen Vokasi di Luar Kampus
p. Sertifikasi, Magang, dan Pelatihan Dosen & Tendik Vokasi
q. Beasiswa Dosen Vokasi S2 & S3 dalam dan luar negeri
r. Riset Keilmuan Terapan di Dalam Negeri
s. Beasiswa S1 Siswa Berprestasi
t. Beasiswa S2 Mahasiswa Berprestasi
u. Beasiswa Kebudayaan
v. Beasiswa S1, S2, S3 Kebudayaan dalam dan luar negeri
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)