Bagaimana Cara Mendapat Beasiswa di Universitas Pertahanan? Ini Infonya

Minggu, 03 Desember 2023 - 12:08 WIB
loading...
Bagaimana Cara Mendapat Beasiswa di Universitas Pertahanan? Ini Infonya
Universitas Pertahanan (Unhan) menyediakan program beasiswa mulai dari jenjang vokasi hingga magister. Foto/Unhan.
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) menyediakan program beasiswa kuliah mulai dari jenjang vokasi hingga magister. Ini bisa menjadi peluang untuk calon mahasiswa baru.

Universitas Pertahanan didirikan pada 7 Februari 2011. Unhan berada di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Mahasiswa yang bisa kuliah di Unhan tidak hanya dari perwira TNI saja melainkan juga masyarakat umum juga bisa memperdalam ilmu pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Baca juga: Selamat! 22 Warga Palestina Raih Beasiswa di Unhan

Universitas Pertahanan membuka program kuliah mulai jenjang vokasi, sarjana, magister hingga doktoral. Saat ini Universitas Pertahanan dipimpin oleh Rektor Mayor Jenderal TNI Jonni Mahroza.

Beasiswa Universitas Pertahanan


Bagi kalian yang ingin mendapatkan beasiswa Universitas Pertahanan, hal yang pertama dilakukan ialah membuka link atau laman resminya di penerimaan.idu.ac.id.

Laman ini menyediakan beasiswa yang tersedia di Universitas Pertahanan. Untuk mendaftar kalian terlebih dulu membuat akun baru dengan mengisi sejumlah identitas seperti nama, NIK, jenis kelamin, tanggal lahir, pendidikan terakhir, nomor ponsel, dan juga email yang aktif. Setelah itu kalian bisa login untuk mendaftar.

Pada 2023, Univesitas Pertahanan menyediakan beasiswa utuk jenjang D3, S1, S2, hingga S3. Berikut ini informasinya sebagai panduan pendaftaran beasiswa Unhan tahun depan.

Beasiswa D3 Universitas Pertahanan


Beasiswa untuk studi D3 pada 2023 dibuka dua gelombang. Gelombang keduanya dibuka pada 26 Mei hingga 15 Juni. Beasiswa D3 ini khusus untuk kuliah di Kampus Unhan di Nusa Tenggara Timur.

Program studi yang dibuka untuk Program Vokasi Budidaya Pertanian Lahan Kering, Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Ternak, Perikanan Tangkap, Pengolahan Hasil Laut/Perikanan, Permesinan Kapal, dan Program Vokasi Budidaya Ikan.

Beasiswa S1 Universitas Pertahanan


Sedangkan untuk jenjang Sarjana, pada 2023 Universitas Pertahanan membuka jalur beasiswa untuk mahasiswa baru pada 1 hingga 28 Februari 2023 untuk kuliah di Kampus Unhan Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Sejarah Universitas Pertahanan, Berawal dari Program Kursus di Seskoad

Program studi yang tersedia adalah S1 Kedokteran, Farmasi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan program studi Sarjana Teknik Informatika.

Beasiswa S2 Universitas Pertahanan


Universitas Pertahanan juga membuka jalur beasiswa bagi mahasiswa baru program pascasarjana pada 2023 untuk TNI/POLRI, PNS, serta masyarakat umum dan internasional. Gelombang keduanya dibuka pada 19 Mei-13 Juni 2023 secara online.

Program S2 Universitas Pertahanan tersedia di Fakultas Strategi Pertahanan untuk program Magister Strategi Perang Semesta, Peperangan Asimetris, Diplomasi Pertahanan, dan Strategi Pertahanan Laut.

Fakultas Manajemen Pertahanan untuk program Magister Pertahanan, Ekonomi Pertahanan, dan Keamanan Energi. Lalu di Fakultas Keamanan Nasional untuk studi Manajemen Bencana, Damai dan Resolusi Konflik, dan Keamanan Maritim.

Beasiswa S2 pada 2023 juga tersedia di Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan untuk studi Industri Pertahanan, Teknologi Penginderaan, Teknologi Persenjataan, Teknologi Daya Gerak, dan Rekayasan Pertahanan Siber.

Beasiswa S3 Universitas Pertahanan


Universitas Pertahanan juga membuka jalur beasiswa untuk jenjang doktor (S3) pada 1-31 Mei 2023 lalu untuk konsentrasi Strategi Pertahanan, Manajemen Pertahanan, Keamanan Nasional, Kesehatan Pertahanan, dan S3 Teknologi Pertahanan.

Demikian informasi cara mendapatkan beasiswa di Universitas Pertahanan dan beasiswa yang tersedia pada 2023 sebagai informasi untuk pendaftaran beasiswa Unhan di 2024.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)