Ini 5 Keunggulan SMK Dibanding SMA yang Perlu Diketahui Lulusan SLTP

Rabu, 06 Desember 2023 - 13:26 WIB
loading...
Ini 5 Keunggulan SMK Dibanding SMA yang Perlu Diketahui Lulusan SLTP
Salah satu keunggulan SMK dibanding SMA adalah lulusan para lulusan SMK siap untuk memasuki dunia kerja karena pada pendidikan SMK siswa dibekali dengan keahlian khusus baik secara teori, teknik maupun praktik sesuai program keahlian yang dipilih.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 keunggulan SMK dibanding SMA yang perlu diketahui. Persepsi di tengah masyarakat saat ini masih menempatkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) lebih baik dibanding jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kemudahan lulusan SMA untuk masuk perguruan tinggi menjadi nilai plus tersendiri dibanding lulusan SMK yang dalam beberapa hal ‘sulit’ melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun bukan berarti SMK tidak memiliki kelebihan ketimbang SMA.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke SMK, maka jangan berkecil hati karena ada sejumlah keunggulan SMK daripada SMA yang perlu diketahui. Apa saja?.Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 5 keunggulan SMK dibanding SMA, simak uraiannya ya!

5 Keunggulan SMK daripada SMA


1. Lulusan Siap Kerja


Nantinya, para lulusan SMK siap untuk memasuki dunia kerja, karena pada pendidikan SMK siswa dibekali dengan keahlian khusus baik secara teori, teknik maupun praktik sesuai program keahlian yang dipilih. Di SMK, teori dan teknik langsung dipraktikkan, di mana porsi praktek lebih besar dari pada pemberian materi.

2. Sekolah Sudah Kerja Sama dengan Perusahaan


Untuk keunggulan kedua, sekolah-sekolah SMK biasanya telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan. Sehingga terdapat peluang untuk dapat disalurkan kepada perusahaan yang telah bekerja sama tersebut ketika mereka membutuhkan tenaga kerja.

3. Ada Praktik Kerja Lapangan


Hal yang paling umum di SMK ialah adanya Praktik Kerja Lapangan (PKL). Biasanya para siswa semester akhir akan merasakan yang namanya PKL atau magang pada suatu perusahaan.


4. Bisa Jadi Wirausaha


Karena sudah punya bekal keterampilan dan keahlian, para lulusan SMK memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri atau menciptakan lapangan kerja secara mandiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa usaha yang dibuka akan membuka lapangan kerja bagi orang lain.

5. Bisa Lanjut Kuliah


Untuk keunggulan SMK daripada SMA ialah lulusan SMK bisa lanjut kuliah. Jadi, bukan hanya lulusan SMA saja yang bisa kuliah. Tetapi, lulusan SMK juga dapat merasakan pendidikan tinggi. Hanya saja semua harus disesuaikan dengan program atau jurusannya

Alasan Masyarakat Tertarik Sekolah di SMK (Hasil Survei Kemendikbudristek dan Markplus, Inc)


1. Prospek kerja bagus (57,8%)

2. Pilihan jurusan banyak (51,9%)

3. Jurusan diminati (42,5%)

4. Langsung kerja (39,1%)

5. Biaya murah (23,4%)

Jumlah Lulusan SMK Negeri & Swasta di Indonesia


1. Tahun ajaran 2018/2019

a. Negeri (629.873)

b. Swasta (842.130)

2. Tahun ajaran 2019/2020

a. Negeri (717.286)

b. Swasta (867.527)

3. Tahun ajaran 2020/2021

a. Negeri (702.517)

b. Swasta (929.755)
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)