Suka Bisnis? Ini 6 Jurusan Kuliah yang Menunjang Karier Calon Pengusaha Muda

Kamis, 07 Desember 2023 - 07:22 WIB
loading...
Suka Bisnis? Ini 6 Jurusan Kuliah yang Menunjang Karier Calon Pengusaha Muda
Jurusan ekonomi menjadi salah satu jurusan penting dan sangat menunjang bagi seseorang yang ingin merintis karier sebagai pengusaha muda. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jurusan kuliah yang bisa menunjang karier calon pengusaha muda . Ada beragam jenis jurusan kuliah bagi kamu yang tertarik akan bisnis yang dibuka di sejumlah perguruan tinggi baik didalam maupun diluar negeri.

Usia muda memang sangat cocok untuk mengembangkan naluri bisnis seseorang. Tentu hal ini juga harus dibantu dengan bidang keilmuaan yang bisa menunjang langkah seseorang menapaki jenjang karier bisnis. Artikel kali ini khusus akan membahas 6 jurusan kuliah yang bisa membantu kamu menjadi pengusaha muda, simak ya!

6 Jurusan Kuliah yang Menunjang Karier Calon Pengusaha Muda


1. Ekonomi


Jurusan ekonomi mengajarkan bermacam pelajaran, termasuk akuntansi, keuangan dan topik lainnya. Jurusan ekonomi juga mengajarkan keterampilan manajemen keuangan dan sumber daya alam.

Lulusan jurusan ekonomi sering dinanti oleh banyak perusahaan, karena mereka memperoleh berbagai keterampilan baik dalam pemecahan masalah, pemikiran kritis, maupun perencanaan selama perkuliahan.

Adapun peluang kerja atau prospek kerja di antaranya: Economist, Credit Analyst, Accountant, Financial Planner, Financial Risk Analyst dan Auditor

2. Keuangan


Bagi mereka yang tertarik pada angka, statistik dan strategi, di jurusan ini akan diajarkan cara mengelola keuangan entitas perusahaan atau individu, serta memahami konsep investasi dan aset. Adapun peluang kerja atau prospek kerja diantaranya: Accountant, Financial Planner, Financial Analyst, Risk Management, Insurance Agent, Portfolio Manager.

3. Pemasaran


Marketing sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Di jurusan pemasaran (marketing), kamu akan memahami strategi promosi dalam berbisnis, memahami kebutuhan konsumen dan pasar, membangun brand awareness dan topik yang terkait lainnya.



Adapun peluang kerja atau prospek kerja di antaranya: Marketing Specialist, Social Media Specialist, Product Specialist, Account Executive, Content Writer, Copy Writer, Content Manager dan Market Research Analyst

4. Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis terkenal karena fokus pada aspek inti bisnis. Mahasiswa pada jurusan manajemen bisnis akan mempelajari manajemen, perencanaan dan analisis operasional bisnis, serta topik pemasaran, dan penelitian pemasaran.

Adapun peluang kerja atau prospek kerja diantaranya: Business Analyst, Business Advisor, Business Consultant, Marketing Manager, Data Scientist, Project Manager, Sales, Human Resource-Talent acquisition.

5.Kewirausahaan


Jurusan entrepreneurship atau kewirausahaan sangat diminati oleh mahasiswa yang ingin memahami bisnis. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari cara mendirikan bisnis dari awal, mengelola dan mempromosikannya.

Jurusan ini mengembangkan kreativitas, inovasi dan kepemimpinan mahasiswa. Adapun peluang kerja atau prospek kerja diantaranya: Entrepreneur, Sales, Human Resource, Marketing, Public Relations dan Konsultan Bisnis.

6. Akuntansi

Akuntansi adalah salah satu bidang studi yang memiliki peran penting dalam kegiatan bisnis. Di jurusan akutansi, kamu akan mempelajari cara menganalisis, mengukur, mengelola dan melaporkan keuangan perusahaan atau individu.

Adapun peluang kerja atau prospek kerja di antaranya: Auditor, Accountant, Financial Analyst, Financial Consultant, Financial Planner dan Tax Manager.

Dengan pemahaman mendalam tentang manajemen, keuangan, pemasaran, serta kemampuan dalam teknologi informasi, lulusan dalam jurusan-jurusan ini akan memiliki pondasi yang solid untuk menghadapi tantangan dalam dunia bisnis.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)