Pengumuman Penting Kuota Sekolah di SNBP 2024, Begini Alur Informasinya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 10:24 WIB
loading...
Pengumuman Penting Kuota Sekolah di SNBP 2024, Begini Alur Informasinya
Berdasarkan pengalaman pendaftaran 2023, sekolah yang memiliki akreditasi A maka siswa yang bisa mendaftar SNBP 2024 sebanyak 40 persen siswa terbaik dari sekolah.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini kuota sekolah buat mendaftar jalur SNBP 2024. Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024 telah dibuka hari ini Jumat (8/12/2023). Hal itu diketahui dari Laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) melalui laman resminya.

Merujuk dari jadwal seleksi SNBP tahun 2023, tahap pertama seleksi SNBP yang akan dibuka biasanya adalah pengumuman kuota sekolah. Kuota sekolah adalah jumlah siswa kelas XII atau 12 yang dinyatakan eligible atau layak mendaftar SNBP 2024. Artikel kali ini akan membahas informasi mengenai Kuota Sekolah buat SNBP 2024

Informasi Kuota Sekolah untuk SNBP 2024


Jumlah siswa yang eligible di SNBP akan disesuaikan dengan akreditasi sekolah. Dalam peraturan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB, ada beberapa tingkat akreditasi dan kuota yang bisa didapat. Jika sekolah memiliki akreditasi A maka siswa yang bisa mendaftar SNBP 2024 sebanyak 40 persen siswa terbaik dari sekolah.

Lalu bila terakreditasi B maka hanya mendapat jatah kuota mencapai 25 persen terbaik di sekolah. Bila akreditasi sekolah adalah C atau lainnya, maka siswa yang berhak mendaftar hanya 5 persen kuotanya dari total siswa per angkatan.



Jika jadwal pelaksanaan kuota sekolah SNBP masih dalam periode yang sama, kemungkinan akan diumumkan pada bulan yang sama namun bisa saja tanggalnya berbeda. Bila kuota sudah diumumkan dan sekolah merasa ada yang perlu dikoreksi dari jumlah kuota, maka boleh mengajukan sanggah pada bulan Januari.

Cara Cek Kuota Sekolah SNBP 2024


Ada dua cara untuk mengecek kuota. Pertama lewat Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN dan lewat lokasi. Siswa bisa mengecek kuota yang didapat agar kamu tahu peluang seluruh siswa dari sekolahmu untuk memilih perguruan tinggi negeri.

1. Cek Kuota Sekolah SNBP Melalui NPSN

• Cek portal resmi SNPMB BPPP di snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

• Pilih menu kuota sekolah pada bagian kiri

• Klik tombol pencarian berdasarkan NPSN

• Ketik NPSN dan tekan tombol cari

2. Cek Kuota Sekolah Berdasarkan Lokasi


• Cek portal resmi SNPMB BPPP di snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

• Pilih menu kuota sekolah pada bagian kiri

• Klik tombol pencarian berdasarkan lokasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)