Jurusan Teknik Industri, Prospek Kerja dan Mata Kuliahnya, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Jum'at, 08 Desember 2023 - 15:31 WIB
loading...
Jurusan Teknik Industri, Prospek Kerja dan Mata Kuliahnya, Calon Mahasiswa Wajib Tahu
Secara umum jurusan teknik industri merupakan bidang ilmu yang mempelajari terkait optimalisasi kegiatan ekonomi, mulai dari produksi, pengelolaan, dan lain sebagainya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi mengenai jurusan teknik industri , prospek kerjanya dan mata kuliah yang dipelajari. Kamu berminat untuk menjadi seorang engineering manager atau menjadi seorang project manager? Jika iya mungkin kamu cocok untuk berkuliah di jurusan Saintek teknik industri.

Secara umum jurusan teknik industri merupakan bidang ilmu yang mempelajari terkait optimalisasi kegiatan ekonomi, mulai dari produksi, pengelolaan, dan lain sebagainya.Untuk lebih jelasnya, artikel berikut akan mengulas profil jurusan teknik industri, prospek kerja dan mata kuliah yang dipelajari, simak ya!

5 Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri


1. Engineering Manager


Prospek kerja bagi lulusan teknik industri yang paling pertama yaitu menjadi engineering manager. Tentu kita semua telah mengetahui bahwa engineering menjadi salah satu divisi perusahaan dengan prospek teknik industri yang baik.

Untuk bisa menjabat sebagai engineering manager, kalian perlu meraih gelar sarjana teknik dan memiliki pengalaman bekerja di bidang engineering minimal lima tahun.

Tugas seorang engineering manager diantaranya menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Engineering manager juga bertanggung jawab atas ketuntasan suatu proyek. Sehingga untuk bisa menjadi seorang engineering manager, kalian perlu memiliki skill problem solving yang baik.


2. Project Manager


Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan teknik industri yang tak kalah menggiurkan yaitu menjadi project manager. Seorang project manager bertanggung jawab atas perencanaan serta pengaturan suatu proyek agar dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya seorang project manager akan memastikan bahwa proyek tersebut dapat terlaksana sesuai dengan waktu, budget, serta lingkup yang tepat.

Untuk bisa menjabat sebagai project manager, kalian juga harus bisa menguasai communication skill yang baik agar pekerjaan dapat berjalan selaras sesuai tujuan.

3. Quality Controller


Quality controller menjadi salah satu prospek kerja bagi lulusan teknik industri yang nantinya bertugas untuk memastikan bahwa suatu produk telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan. Baik itu terkait ketahanan maupun kekuatan suatu produk. Gaji yang ditawarkan untuk posisi sebagai quality controller berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

4. Product Analyst


Prospek kerja jurusan teknik industri lainnya yaitu menjadi seorang product analyst. Product analyst akan bertugas mengembangkan strategi marketing yang paling tepat bagi suatu produk dan membandingkan produk tersebut dengan tren industri supaya perusahaan tersebut memperoleh keuntungan.

Sehingga bagi kalian yang berminat untuk menjabat sebagai product analyst, maka kalian akan memerlukan kemampuan analisis dalam menginterpretasikan market data.

Seorang product analyst juga akan bertugas menganalisis produksi, pengendalian kualitas produksi, optimalisasi dan maintenance alat-alat produksi, manajemen produksi, hingga penilaian keseluruhan produksi suatu perusahaan. Range gaji yang ditawarkan oleh pekerjaan ini kisaran Rp2 juta hingga Rp11 juta per bulan.

5. Health and Safety Officer


Health and Safety Officer merupakan salah satu prospek kerja yang ditawarkan bagi lulusan teknik industri. Peran seorang health and safety officer yaitu untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta berbagai penyakit yang ditimbulkan di lingkup pekerjaan tersebut.

Selain itu, peran HSE officer juga mencakup inspeksi regular, investigasi kecelakaan kerja, penerbitan dokumen yang mengatur keamanan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan lain sebagainya.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Industri

Berikut beberapa daftar mata kuliah yang akan kalian temui di jurusan teknik industri:

1. Matematika
2. Teori probabilitas
3. Kalkulus
4. Matriks dan ruang vektor
5. Fisika dasar
6. Kimia dasar
7. Gambar teknik
8. Material teknik
9. Mekanika teknik dasar
10. Statistika industri
11. Elektronika industri
12. Psikologi industri
13. Proses manufaktur
14. Praktikum perancangan sistem terintegrasi
15. Analisis biaya
16. Pemodelan sistem
17. Rekayasa sistem kerja
18. Pengendalian dan penjaminan mutu
19. Perencanaan dan pengendalian produksi
20. Otomasi sistem produksi
21. Ekonomik teknik
22. Sistem produksi
23. Keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja
24. Organisasi dan manajemen perusahaan industri
25. Proyek rekayasa interdisiplin
26. Perancangan tata letak pabrik
27. Sistem ERP
28. Pemodelan stokastik
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)