Riwayat Pendidikan Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik UGM Panelis Debat Perdana Pilpres 2024

Sabtu, 09 Desember 2023 - 20:07 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik UGM Panelis Debat Perdana Pilpres 2024
Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati menjadi salah satudari 11 panelis debat perdana Capres-Cawapres Pilpres 2024 yang ditunjuk KPU. Foto/laman UGM
A A A
YOGYAKARTA - Ini riwayat pendidikan pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati yang ditunjuk menjadi salah satu panelis debat perdana Capres 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 11 nama panelis debat perdana Capres-Cawapres Pilpres 2024. Diketahui, debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023), pukul 19.00 WIB.

Satu dari ke11 panelis tersebut adalah pakar Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Siapa sosok Mada Sukmajati layak untuk diketahui. Artikel kali ini akan membahas riwayat pendidikan Mada Sukmajati, simak ya!

Riwayat Pendidikan Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati


Dikutip dari laman resmi UGM, Mada Sukmajati merupakan pria kelahiran Madiun pada 25 April 1976.Ia merupakan dosen tetap sekaligus Ketua Program Studi Sarjana Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM.

Mada menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM pada tahun 1999. Kemudian meraih gelar Master of Public Policy dari National Graduate Institute for Policy Studies di Tokyo, Jepang pada 2004. Pada 2011 ia kemudian melanjutkan pendidikan S3 di Heidelberg University di Jerman.



Mada aktif dalam berbagai macam riset lokal maupun kerja sama dengan pihak asing. Minat Kajiannya meliputi Partai Politik, Tata Kelola Pemilu, Parlemen, dan Kebijakan Publik. Pemikiran dan karyanya ia tuangkan dengan dalam bentuk jurnal maupun buku.

Di antara buku karyanya adalah 'Politik Uang di Indonesia: Pola Patronase dan Jaringan Klientelisme pada Pileg 2014 ' ; 'Korupsi Politik: Teori dan Praktiknya di Indonesia' ; 'Pembiayaan Pemilu di Indonesia'.

Kemudian ada 'Politisi, Birokrat, dan Reformasi Birokrasi', Jurnal Ilmu Pemerintahan dan masih banyak lagi. Buku lainnya yakni 'Politisi, Birokrat, dan Reformasi Birokrasi', Jurnal Ilmu Pemerintahan dan masih banyak lagi.

Mada juga pernah menjadi Ketua Tim Panitia Seleksi Anggota Panwas Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo untuk Pemilihan Walikota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo tahun 2017.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)