Profil Pendidikan Agus Riewanto, Pakar Hukum Tata Negara UNS Panelis Debat Perdana Pilpres 2024

Minggu, 10 Desember 2023 - 15:32 WIB
loading...
Profil Pendidikan Agus Riewanto, Pakar Hukum Tata Negara UNS Panelis Debat Perdana Pilpres 2024
Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto ditetapkan sebagai Panelis Debat Perdana Pilpres 2024. Foto/Instagram @agus_riewanto.
A A A
JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto ditunjuk menjadi salah satu dari 11 panelis debat Pilpres 2024 oleh KPU. Berikut ini profil pendidikannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 11 panelis debat capres -cawapres pertama yang akan merumuskan pertanyaan kepada para kandidat Pilpres 2024 mengenai sejumlah isu seperti pemerintahan, hukum, HAM, layanan publik, dan lainnya.

Sebelas nama panelis yang ditetapkan KPU itu merupakan para pakar yang datang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ada pakar ilmu politik UGM, pakar hukum dari Unand, pakar hukum tata negara dari Unpad, hingga eks ketua Komnas HAM.

Baca juga: Profil Pendidikan Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi, Panelis Debat Perdana Capres 2024

Salah satu panelis debat pilpres 2024 ini adalah Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Agus Riewanto . Dikutip dari laman agusriewanto.com, berikut ini profil pendidikannya.

Profil Pendidikan Agus Riewanto


Agus Riewanto, pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah ini merupakan seorang dosen di Fakultas Hukum untuk Sarjana Hukum, Magister Ilmu Hukum, dan Doktor Ilmu Hukum di UNS Surakarta.

Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) UNS ini masa kecil hingga remaja dihabiskan di Kalimantan Barat karena mengikuti tugas orang tuanya.

Baca juga: Profil Pendidikan Bayu Dwi Anggono, Guru Besar Unej Panelis Debat Pertama Capres-Cawapres Pemilu 2024

Namun untuk jenjang SMA Agus tempuh di PPMI Assalaam Surakarta. Pria yang akrab disapa Agus dan menyukai hobi menulis cerpen dan puisi ini lalu kuliah S1 di dua kampus sekaligus.

Agus Riewanto kuliah di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogjakarta dan Fakultas Syariah dan Hukum, Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Kemudian mantan Anggota KPU Kabupaten Sragen ini melanjutkan pendidikan Ilmu Hukumnya untuk kuliah S2 di Pascasarjana Ilmu Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Baca juga: Profil Susi Dwi Harijanti, Pakar Hukum Tata Negara Unpad Panelis Debat Perdana Pilpres 2024

Penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya X dari Presiden R1 pada 2018 lalu ini kemudian melanjutkan kuliah Doktor (S3) Ilmu Hukum di Fakultas Hukum UNS Surakarta dengan predikat Cumlaude pada 2011.

Agus yang sudah menulis pilihan buku dan beberapa artikel publikasi di jurnal ini juga mengikuti short Study For Legislative Practice: Vetting and Drafting, Departement Reseach and Training Institute, Minister of Justice-Kyushu University Japan pada 2019 lalu.

Demikian profil Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto yang ditetapkan sebagai salah satu dari 11 panelis debat capres-cawapres 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)