3 Alasan Penting Memilih Jurusan Bahasa Mandarin, Digunakan Oleh 1,12 Miliar Orang di Dunia

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:08 WIB
loading...
3 Alasan Penting Memilih Jurusan Bahasa Mandarin, Digunakan Oleh 1,12 Miliar Orang di Dunia
Salah satu universitas yang mmebuka program studi Bahasa Mandarin adalah UI. Studi Bahasa Mandarin saat ini dianggap penting karena menjadi bahasa kedua di dunia paling banyak digunakan setelah Bahasa Inggris. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 3 alasan pentingnya memilih jurusan kuliah Bahasa Mandarin . Di era modernisasi ini, keberadaan China sebagai salah satu negara terbesar dari segi jumlah penduduk mulai banyak diperhitungkan di dunia. Salah satu yang sangat membuat banyak negara kagum adalah perkembangan perekonomian dan teknologi China.

Realitas itulah yang membuat saat ini semua hal yang berbau China mulai diperhitungkan. Salah satunya soal bahasa. Ya, di era kekinian saat ini banyak orang mulai berbondong-bondong belajar Bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi China.

Berdasarkan data Ethnologue hingga 2022, bahasa mandarin merupakan bahasa nomor dua di dunia yang paling banyak digunakan di dunia setelah Bahasa Inggris.

Jika Bahasa Inggris digunakan oleh sekitar 1,45 miliar orang, Bahasa Mandarin digunakan oleh tak kurang dari 1,12 miliar orang. Dari fakta-fakta itulah, artikel kali ini akan membahas 3 alasan penting untuk memilih jurusan kuliah Bahasa Mandarin, simak ulasannya di bawah ini ya!

3 Alasan Penting Memilih Jurusan Kuliah Bahasa Mandarin


1. Bahasa paling banyak digunakan kedua setelah bahasa Inggris


Berdasarkan data Ethnologue hingga 2022, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Terdapat 1,45 miliar orang yang menjadi penutur bahasa Inggris. Kemudian, Bahasa Mandarin ada di posisi kedua lho Quipperian sebagai bahasa yang paling banyak penuturnya yakni 1,12 miliar orang.

Tentu saja ya fakta itu tak lepas dari jumlah penduduk China yang terbanyak di dunia. Penduduk China juga tak sedikit yang merantau ke berbagai penjuru dunia. Selain China, ada pula negara lain yang penduduknya menggunakan bahasa Mandarin seperti Taiwan.

2. China punya peranan penting dalam perekonomian


China sejauh ini memiliki peran yang besar di dalam perkembangan ekonomi global. Banyak pula perusahaan lokal di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan perusahaan China. Hal ini tentu membutuhkan peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan Bahasa Mandarin.


3. Peluang kerja yang luas


Peluang kerja yang membutuhkan kemampuan bahasa Mandarin cukup banyak. Lulusan bahasa Mandarin berpeluang terjun ke berbagai bidang, mulai dari instansi pemerintah dan swasta. Kemampuan bahasa Mandarin dibutuhkan di bidang industri kreatif, pendidikan, media massa, perdagangan, hingga pariwisata.

Profesi yang bisa digeluti mulai dari tour guide, public relations, front officer, marketing staff, dan language instructor. Peluang bekerja sebagai freelancer juga terbuka dengan menjadi translator maupun interpreter.

Sejumlah Universitas yang Membuka Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin


1. Universitas Indonesia (UI)


UI merupakan universitas yang paling favorit, dan jurusan sastra China di UI menjadi jurusan yang paling banyak untuk diminati, karena lulusan sastra China di UI banyak yang sudah bekerja sebagai Diplomat, atau sebagainya.

2. Universitas Bina Nusantara (Binus University)


Binus mempunyai Chinese Department atau yang biasa disebut dengan (Departemen Program Studi China). Mengapa bisa dikatakan sebagai kategori program terbaik di Universitas Bina Nusantara? Karena ternyata program studinya itu telah bekerja sama dengan industri internasional, contohnya seperti Bank of China, dll.

3. Universitas Bunda Mulia (UBM)


UBM Jakarta merupakan salah satu universitas yang mempunyai banyak kerjasama secara resmi dari Lokal hingga Luar Negeri untuk memberikan fasilitas yang semakin memadai bagi mahasiswa Bahasa dan Budaya China.

4. Universitas Kristen Petra -- Surabaya


Universitas Kristen Petra juga menjadi salah satu Universitas yang memiliki Program studi Sastra China. Tidak hanya berfokus kepada bahasa Mandarin saja, tetapi di Universitas ini juga mempelajari tentang sastra dan budaya China.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)