5 Hal Ini Bisa Membuat Tak Lolos Beasiswa LPDP 2024, Cek Apa Saja

Rabu, 13 Desember 2023 - 14:49 WIB
loading...
5 Hal Ini Bisa Membuat Tak Lolos Beasiswa LPDP 2024, Cek Apa Saja
Salah satu hal yang membuat tak lolos beasiswa LPDP adalah menggunakan dokumen kedaluarsa atau dokumen yang waktu penerbitannya tidak sesuai ketentuan LPDP. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 hal ini yang bisa membuat tak lolos beasiswa LPDP 2024. Setiap tahun, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selalu diminati banyak mahasiswa baik yang berkeinginan studi di dalam negeri maupun luar negeri.

Banyaknya jumlah pendaftar membuat tingkat persaingan pendaftar beasiswa LPDP sangat ketat. Salah satu syarat utama pendaftaran beasiswa LPDP adalah kelengkapan berkas. Nah agar bisa lolos beasiswa LPDP 2024, calon mahasiswa harus mengetahui hal apa saja yang berpotensi membuat pendaftar tidak lolos.

Dilansir dari laman instagram layanan bimbingan belajar ke luar negeri @kobieducation, artikel kali ini akan mengulas setidaknya ada 5 hal yang bisa mmbuat tak lolos beasiswa LPDP 2024, apa saja? Simak penjelasan berikut ya!

5 Hal yang Membuat Tidak Lolos Beasiswa LPDP 2024


1. Curang selama tahap pendaftaran


Apabila kamu melakukan kecurangan selama proses pendaftaran LPDP, kamu akan dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan administrasi, seperti ketentuan usia, IPK, kemampuan bahasa, masa berlaku sertifikat bahasa, ketentuan surat rekomendasi, dan lainnya.

2. Menyampaikan informasi palsu


Bila informasi yang kamu berikan ada yang terindikasi palsu, sanksi yang didapatkan ialah sanksi administratif berat berupa pemberhentian sebagai penerima beasiswa dengan kewajiban pengembalian dana studi yang telah diterima.



Pelanggar akan masuk dalam blacklist dan diblokir untuk mengikuti program LPDP di masa mendatang. Jadi, pastikan semua informasi yang diberikan saat pendaftaran seperti data diri, ijazah, transkrip, dan esai, sertifikat adalah benar adanya dan sesuai fakta. Jangan dilebihkan atau dikurangi.

3. Mengundurkan diri dari statusnya sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI atau anggota Polri


Kalau mengundurkan diri dari institusi penegak hukum dan institusi pemerintah saat sudah menerima beasiswa, maka sanksinya adalah diberhentikan beasiswanya.

Maka jangan pernah mengundurkan diri dari jabatan sebagai anggota Polri, TNI, maupun PNS, setelah ditetapkan sebagai calon atau penerima beasiswa LPDP.

4. Pakai dokumen kedaluarsa atau dokumen yang waktu penerbitannya tidak sesuai ketentuan LPDP


Bila dokumen yang diberikan memiliki batas waktu dan sudah terlewat, maka berpotensi gagal dan ditolak untuk lanjut tahap administrasi. Sebelum mendaftar, pastikan kamu cek ketentuan tiap dokumen, misalnya untuk surat rekomendasi tidak boleh berumur lebih dari satu tahun.

Jika kamu mendaftar LPDP di bulan Februari 2024, surat rekomendasi harus dibuat di bulan Februari 2023 atau setelahnya. Jangan lupa bagi kamu yang mendaftar beasiswa ke luar negeri, jangan sampai sertifikat bahasa Inggris, LoA, dan lainnya terlewat dari batas waktu yang ditetapkan.

5. Dokumen kurang lengkap


Dokumen yang kurang lengkap juga memengaruhi, lolos atau tidaknya memperoleh beasiswa LPDP. Jikalau lupa dan dokumen tidak lengkap, tentu saja tidak lolos administrasi.

Jadi jangan lupa cek dan liat dokumen atau syarat apa saja yang sudah kamu penuhi. Pastikan juga IELTS atau dokumen lain yang di upload masih berlaku atau tidak kedaluwarsa.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)