5 Contoh Cerita Fabel Singkat untuk Anak, Penuh dengan Pesan Moral

Jum'at, 15 Desember 2023 - 20:49 WIB
loading...
5 Contoh Cerita Fabel Singkat untuk Anak, Penuh dengan Pesan Moral
Cerita Fabel merupakan cerita tentang kehidupan binatang yang memiliki perilaku dan kehidupan selayaknya manusia. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pada waktu kecil kita pasti pernah mendengar Cerita Fabel, si Kancil, Tiga Babi Kecil, Monyet yang rakus, dan masih banyak lagi. Cerita Fabel merupakan cerita tentang kehidupan binatang yang memiliki perilaku dan kehidupan selayaknya manusia, sehingga cerita ini termasuk ke dalam cerita fiksi.

Meskipun dinilai sebagai cerita yang fiksi, cerita Fabel bukan merupakan karya tulis yang tidak memiliki tujuan tertentu. Cerita Fabel ini merupakan bentuk representasi kehidupan manusia berdasarkan imajinasi sang penulis, sehingga ditemukan aktivitas, pola pikir, kegiatan, yang sama seperti manusia. Oleh sebab itu, cerita Fabel juga mengandung pesan moral yang berguna bagi siapapun yang membaca.

Baca juga: Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerpen dan Contohnya

Berikut merupakan 8 Contoh Cerita Fabel, yang dirangkum dari berbagai sumber.

5 Contoh Cerita Fabel

1. Gajah yang Baik Hati


Siang hari itu suasana hutan sangat terik. Tempat tinggal si Kancil, Gajah, dan hewan lainnya seakan terbakar. Kancil kehausan sambil terus berjalan mencari air.

Di tengah perjalanan dia melihat kolam air yang sangat jernih. Tanpa pikir panjang dia langsung terjun ke dalam kolam. Tindakan Kancil sangat ceroboh, dia tidak berpikir bagaimana cara ke atas. Beberapa kali Kancil mencoba untuk memanjat, tetapi ia tidak bisa sampai ke atas. Si Kancil tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya berteriak meminta tolong.

Teriakan si Kancil ternyata terdengar oleh si Gajah yang kebetulan melewati tempat itu. “Hai, siapa yang ada di kolam itu?”

“Aku … Si Kancil, sahabatmu.”

Kancil terdiam sesaat, mencari akal agar Gajah mau menolongnya, “Tolong aku mengangkat ikaan ini.”

“Yang benar kau mendapat ikan?”

“Benar … benar! Aku mendapatkan ikan yang sangat besar!”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)