Dukung Transformasi Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Gelar Anugerah Diktiristek

Jum'at, 15 Desember 2023 - 19:02 WIB
loading...
Dukung Transformasi Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Gelar Anugerah Diktiristek
Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Anugerah Diktiristek 2023, Rabu (13/12/2023). Foto/Ditjen Dikti.
A A A
JAKARTA - Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Anugerah Diktiristek 2023, Rabu (13/12/2023). Sebanyak 500 penghargaan diberikan kepada para stakeholder yang mendukung transformasi pendidikan tinggi .

Dalam kegiatan itu, sebanyak 500 penghargaan diberikan kepada perguruan tinggi negeri dan swasta, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), mitra dari dunia usaha dunia industri, kementerian/lembaga, serta para jurnalis dan media.

Terdapat 10 subpenghargaan yang diberikan meliputi Anugerah Prioritas Nasional; Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek; Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan; Anugerah Sumber Daya; Anugerah Kelembagaan, Anugerah Riset, dan Pengabdian kepada Masyarakat; Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi; Anugerah Humas; Anugerah Kerja Sama; serta Anugerah Jurnalis dan Media.

Baca juga: UNM Raih Penghargaan Bima Award di Anugerah Diktiristek 2023

“Anugerah Diktiristek 2023 ini diberikan kepada Bapak/Ibu yang telah bekerja dengan luar biasa dalam mendukung terwujudnya transformasi pendidikan tinggi demi Indonesia maju,” ucap Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti dalam siaran persnya, dikutip Jumat (15/12/2023).

Baginya, upaya demikian tidak akan terwujud tanpa transformasi pendidikan tinggi. Karena itu, kolaborasi antara pemerintah, lembaga, media, dan masyarakat diperlukan dalam membangun sumber daya manusia yang unggul melalui Kampus Merdeka.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam mengungkapkan transformasi pendidikan tinggi selama empat tahun ini telah berlangsung dengan akseleratif dan mulai bisa dirasakan hasilnya.

“Melalui program transformasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, telah kita lihat kedekatan hubungan kampus dan dunia usaha dunia industri semakin erat,” tambahnya.

Baca juga: Jurnalis SINDOnews.com Raih Gold Winner Anugerah Diktiristek 2023

Selain itu kerja sama baik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat telah menetaskan banyak hasil yang dirasakan oleh masyarakat dan dunia usaha dunia industri.

Lewat itu, lanjut Nizam, Global Innovation Index 2023 menilai Indonesia menjadi peringkat ke-5 di dunia. Selain itu, berdasarkan laporan INSEAD, selama lima tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan daya saing talenta tertinggi di Asia dan kedua di dunia.

“Karena itu, pada malam hari ini kami berikan apresiasi kepada perguruan tinggi dan mitra atas kolaborasi yang telah dilakukan,” kata Nizam.

Di sisi lain, Nizam juga mengapresiasi peran dari media dan jurnalis yang sangat penting dalam memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat, menjadi kontrol dari kinerja pemerintah, dan juga menjadi penebar kabar baik terkait pendidikan tinggi, riset, dan teknologi.

“Dengan adanya penghargaan ini, semoga dapat meningkatkan semangat para mitra dalam memasuki tahun 2024 dengan semangat yang semakin tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Nizam
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)