Badan Bahasa Luncurkan 33 Film Animasi, Ajang Pemodernan Sastra

Selasa, 19 Desember 2023 - 10:08 WIB
loading...
Badan Bahasa Luncurkan 33 Film Animasi, Ajang Pemodernan Sastra
Badan Bahasa menggelar Peluncuran Produk Pemodernan Sastra dalam bentuk 33 film animasi. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Badan Bahasa Kemendikbudristek meluncurkan 33 film animasi bertema legenda nusantara. Upaya ini untuk memodernisasi karya sastra yang dituturkan secara tradisional menjadi lebih modern sesuai perkembangan zaman.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbudristek Imam Budi Utomo mengatakan, dongeng biasanya dituturkan dari mulut ke mulut.

Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, media untuk mengenalkan dongeng ke masyarakat Badan Bahasa melakukan pemodernan sehingga dongeng dibuat dalam produk animasi.

Baca juga: Makin Mendunia, Bahasa Indonesia Dipelajari di 54 Negara

"Dongeng dialihwanakan dari wahana tuturan desain tradisional menjadi wahana yang modern sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini ada 33 produk pemodernan sastra dalam bentuk film animasi," katanya pada Peluncuran Produk Pemodernan Sastra, dikutip Selasa (19/12/2023).

Imam mengatakan, 33 produk animasi bertema legenda nusantara yang
merupakan hasil kolaborasi bersama antara siswa SMK, mahasiswa perguruan tinggi vokasi dan universitas,
praktisi animasi, serta Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (Mitras-DUDI).

Film animasi yang dibuat ini berdurasi 5 hingga 8 menit yang sasaran penontonnya adalah anak-anak. Oleh karena itu pula Badan Bahasa pun mengundang puluhan siswa SD hingga SMP dalam uji publik 33 film animasi tersebut.

Baca juga: Kecerdasan Artifisial Jadi Kata Tahun Ini Versi Badan Bahasa

Imam menjelaskan, film animasi itu akan ditayangkan di laman Badan Bahasa dan bisa dipakai oleh para guru di sekolah sebagai sarana pembelajaran kepada siswa untuk lebih mengenal karya sastra dan bahasa Indonesia.

Imam menuturkan, anggaran yang dikeluarkan untuk membuat 33 film animasi ini sebanyak Rp8 miliar dengan rentang waktu produknya selama 4 bulan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2574 seconds (0.1#10.140)