Kenali 5 Jenis Tahapan Seleksi Daftar Sekolah Kedinasan, Berikut Urutannya

Selasa, 19 Desember 2023 - 10:44 WIB
loading...
Kenali 5 Jenis Tahapan Seleksi Daftar Sekolah Kedinasan, Berikut Urutannya
Tes kesehatan lazim dilakukan di hampir semua pendaftaran di sekolah kedinasan baik yang ikatan dinas maupun non ikatan dinas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jenis tahapan seleksi mendaftar sekolah kedinasan yang perlu diketahui. Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang setara dengan pendidikan Diploma atau Sarjana.

Namun yang perlu diketahui, sekolah kedinasan ada yang berstatus ikatan dinas dan sekolah kedinasan non-ikatan dinas.Sebelum kamu mendaftar ke sekolah kedinasan, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu tahapan seleksi yang biasannya dilakukan saat mendaftar. Apa saja? Artikel kali ini akan membahas 5 jenis tahapan seleksi sekolah kedinasan, simak ya!

5 Jenis Tahapan Seleksi Daftar Sekolah Kedinasan


Sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas mempunyai beberapa keuntungan, seperti lulus menjadi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kementerian yang menaunginya.

Selain itu fasilitas sekolah juga lengkap dan biaya kuliahnya juga gratis. Sedangkan sekolah kedinasan non-ikatan dinas meski setelah lulus tidak langsung menjadi ASN namun prospek kerjanya juga terjamin.



Seleksi pendaftaran sekolah kedinasan berbeda dengan pendaftaran di perguruan tinggi. Tahapan seleksi pada sekolah kedinasan juga lebih banyak karena harus melalui beberapa proses. Apa saja tahapan seleksi untuk mendaftar sekolah kedinasan?

Melansir dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, diketahui bahwa tahapan seleksi sekolah kedinasan berbeda-beda sesuai dengan Kementerian atau Lembaga yang menaunginya.

Dalam setiap pendaftaran sekolah kedinasan, ada seleksi yang selalu ada. Yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan beberapa seleksi lainnya. Berikut 5 jenis tahapan seleksi yang biasanya ada dalam pendaftaran sekolah kedinasan.

1. Seleksi adminitrasi

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

3. Tes kesehatan dan kesamaptaan

4. Tes psikotes dan wawancara

5. Tes pantukhir
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6170 seconds (0.1#10.140)