10 Jurusan Kuliah di UT Akreditasi A BAN-PT, Mana Pilihanmu?

Rabu, 20 Desember 2023 - 12:39 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah di UT Akreditasi A BAN-PT, Mana Pilihanmu?
Terdapat 10 jurusan kuliah di Universitas Terbuka (UT) yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
JAKARTA - Terdapat 10 jurusan kuliah di Universitas Terbuka yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jurusan tersebut bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

UT merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. UT didirikan pada tahun 1984 untuk memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA yang belum atau yang sudah bekerja, untuk mengikuti pendidikan tinggi.

Sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia, UT rupanya punya sejumlah program sarjana yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Adapun jurusan kuliah yang sudah terakreditasi A tersebut adalah sebagai berikut.

10 Jurusan Kuliah di UT yang Terakreditasi A BAN-PT

1. Pendidikan Matematika


Jurusan Pendidikan Matematika UT merupakan salah satu program studi yang sudah terakreditasi A. Akreditasi tersebut berlaku sampai dengan 10 Agustus 2026.

2. Ilmu Administrasi Negara


Ilmu Administrasi Negara adalah program studi atau jurusan yang mempelajari tentang pemerintahan, birokrasi, kebijakan publik, dan pelayanan masyarakat. Akreditasi A pada jurusan ini berlaku hingga 10 April tahun 2026.

Baca juga: Universitas Terbuka (UT) Siap Buka Jurusan Baru Dalam Waktu Dekat, Ini Daftarnya

3. Sosiologi


Sosiologi merupakan program studi yang mempelajari tentang perilaku sosial, baik antarindividu, antar kelompok, maupun individu dengan kelompok. Program studi ini sudah terakreditasi A dan berlaku hingga 15 Juli 2026.

4. Manajemen


Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengambil keputusan manajerial berdasarkan analisis dan perkembangan fungsional bidang pemasaran, keuangan, operasi, dan sumber daya manusia. Akreditasi A jurusan ini berlaku hingga 2 Juli 2026.

5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar


Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan program studi yang menghasilkan guru sekolah dasar. Akreditasi A jurusan ini berlaku hingga 11 Oktober 2027.

Baca juga: Biaya Kuliah S2 Online di Universitas Terbuka 2024, Cocok Bagi Pekerja yang Berburu Gelar Magister

6. Akuntansi


Akuntansi juga rupanya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Akreditasi tersebut berlaku hingga 3 November tahun 2026.

7. Ekonomi Pembangunan


Prodi Ekonomi Pembangunan adalah program studi yang mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan di negara-negara berkembang. Akreditasi A jurusan ini berlaku hingga 10 April 2026.

8. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini


Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini juga termasuk jurusan yang terakreditasi A. Masa berlakunya akreditasi tersebut sampai 6 Desember 2026.

Baca juga: Rincian Biaya Kuliah S2 di UT, Info Penting Karyawan yang Bekerja Sambil Sekolah

9. Ilmu Administrasi Bisnis


Seperti namanya, jurusan ini mempelajari Ilmu Administrasi dalam bisnis. Akreditasi jurusan ini berlaku hingga 11 Juni 2026.

10. Ilmu Hukum


Program studi Ilmu Hukum rupanya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Akreditasi jurusan yang satu ini memiliki masa berlaku hingga 20 April 2026.

Demikian 10 jurusan kuliah sarjana di UT yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia kanal Edukasi SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)