Ornamen Header
Catat! Pengumumam UTBK SBMPTN Dimajukan Jadi 14 Agustus 2020
Catat! Pengumumam UTBK SBMPTN Dimajukan Jadi 14 Agustus 2020
Ribuan calon mahasiswa mengikuti UTBK SBMPTN di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan untuk memajukan jadwal pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020). Awalnya, pengumuman SBMPTN tersebut resmi dijadwalkan pada 20 Agustus 2020, kemudian maju menjadi 14 Agustus 2020 mulai pukul 15.00 WIB.

Pengumuman hasil SBMPTN 2020 dapat dilihat melalui laman utama https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan dapat juga dilihat lewat 12 linkmirror perguruan tinggi negeri."Iya,resmi dimajukan, menjadi 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB," kata Humas LTMPT Anwar Effendy, Senin (9/8/2020). (Baca juga: Uang Pangkal Rp15-250 Juta, Peminat Seleksi Mandiri Unpad Capai 40.000 Orang)

Anwar menyebutkan, keputusan ini diambil salah satunya setelah mempertimbangkan masih adanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menggelar seleksi mandiri. "Salah satunya karena masih ada yang seleksi mandiri di masing-masing PTN. Agar masih ada waktu yang cukup untuk proses seleksi mandiri," terang Anwar.

Nantinya, lanjut dia, pengumuman SBMPTN tersebut hanya akan menampilkan hasil kelulusan peserta saja, yakni lolos atau tidak lolos. Sedangkan pengumuman skor atau nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan disampaikan dalam waktu terpisah.



"Skor UTBK nanti ada di sertifikat. Bisa diunduh mulai Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Jadi diumumkan terpisah dengan hasil SBMPTN-nya," imbuh Anwar. (Baca juga: Serikat Guru Indonesia Pembelajaran Tatap Muka Tidak Akan Efektif)

Atas perubahan ini, Anwar mengimbau kepada seluruh peserta SBMPTN 2020 untuk mencermati informasi hanya dari sumber resmi, yakni LTMPT. "Jangan terpengaruh tawaran-tawaran dari pihak-pihak yang tidak jelas dengan janji lolos dan harus membayar biaya dalam jumlah tertentu," seru Anwar.

Sebelumnya, LTMPT beberapa kali melakukan penyesuaian jadwal pelaksanaan hingga pengumuman hasil UTBK. Sejumlah perubahan tersebut karena menyesuaikan dengan kondisi terkini pandemi covid-19 di Tanah Air.



Salah satu perubahan terakhir adalah perubahan jadwal UTBK-SBMPTN 2020 yang berubah menjadi dua gelombang. Selain itu, sesi tes yang semula ada empat kali dalam satu hari, diubah menjadi dua sesi dalam sehari.
halaman ke-1 dari 4
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!