17 Jurusan SMK Paling Diminati, Cuan Juga Bergaji Tinggi

Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:35 WIB
loading...
17 Jurusan SMK Paling Diminati, Cuan Juga Bergaji Tinggi
17 jurusan di SMK yang paling diminati dan menjanjikan. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Lulus SMK bisa langsung kerja merupakan pilihan jika masuk pendidikan vokasi . Berikut 17 jurusan di SMK yang paling diminati dan menjanjikan.

Siswa SMK memang dipersiapkan untuk menjalani pendidikan yang berfokus pada praktik kerja nyata, sehingga setelah lulus pun kamu sudah siap terserap sebagai tenaga kerja.

Bahkan, lulusan SMK juga nggak kalah sama lulusan Diploma atau Sarjana. Apa saja jurusan yang tersedia di SMK? Berikut 17 jurusan SMK yang memiliki prospek kerja menjanjikan dan paling diminati, dikutip dari laman Ruangguru.

17 Jurusan SMK Paling Diminati

1. Teknik Bisnis Sepeda Motor


Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di dunia untuk sepeda motor. Nah, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah keahlian yang akan membantu kamu untuk lebih terampil dalam jasa pelayanan mekanik kendaraan sepeda motor.

Kamu akan diajarkan tentang mesin motor, perbaikan motor, hingga pemeliharaan sepeda motor. Setelah lulus, kamu pun bisa mencoba untuk menjadi teknisi atau mekanik motor, teknisi perakitan atau produksi di industri motor, hingga membuka bengkel motor sendiri.

2. Teknik Elektronika Industri (TEI)


Sebagai lulusan TEI, kalian pun bisa bekerja di perusahaan elektronik ternama atau BUMN karena akan disiapkan menjadi tenaga terampil dan kompeten.

Baca juga: Putri Ariani Bersekolah di SMKN 2 Kasihan, Ini Jurusan yang Diambil

Seperti di bidang kontrol elektronika analog dan digital, teknik mikroprosesor dan mikrokontroler, teknik interfacing komputer dan programmer, system sensor, hydraulic, kelistrikan, sistem robotic industri, hingga sistem keamanan dan keselamatan kerja.

3. Teknik Gambar Bangunan


Mau jadi arsitek handal yang menciptakan berbagai bangunan ikonik? Jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) akan mengajarkan kalian mengenai berbagai jenis material bangunan, menggambar bangunan, mekanika teknik, cara pemasangan bangunan, hingga menghitung anggaran biaya bangunan.

Setelah lulus kalian bisa melanjutkan studi di jurusan Arsitektur atau Teknik Sipil. Tapi, kamu juga bisa langsung bekerja sebagai pengendali proyek, kontraktor, quality control bangunan, hingga mendesain bangunan.

4. Teknik Kendaraan Ringan


Program Teknik Kendaraan Ringan mempersiapkan siswa untuk mampu dan terampil bekerja di bidang otomotif sehingga mampu mengisi kebutuhan pasar industri otomotif, baik sebagai mekanik, operator industri, hingga pengusaha bengkel. Kalau kalian memiliki ketertarikan di bidang otomotif, bisa banget nih, memilih jurusan yang satu ini!

Baca juga: Ini 5 Keunggulan SMK Dibanding SMA yang Perlu Diketahui Lulusan SLTP

5. Teknik Komputer Jaringan


Program keahlian Teknik Komputer Jaringan atau TKJ mempersiapkan kalian untuk menjadi tenaga ahli di bidang jaringan dan perakitan komputer.

Setelah lulus, bisa langsung bekerja sebagai teknisi komputer, IT Support, administrasi server, instalasi router, web programming, dan sebagainya. Saat ini, lulusan TKJ sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, lho.

6. Teknik Konstruksi Batu dan Beton


Lulusan dari program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton memiliki prospek karier yang sangat baik di masa kini, maupun di masa yang akan datang.

Laju pertumbuhan di bidang properti seperti perumahan, perkantoran, apartemen, mall, hingga pembangunan infrastruktur publik, tentu membutuhkan tenaga ahli dengan kemampuan konstruksi yang handal.

Baca juga: Berapa Kisaran Gaji Lulusan SMA dan SMK di Indonesia? Ternyata Segini per Bulannya

Potensi kerjanya bisa menjadi tenaga konstruksi bangunan, tenaga ahli gambar arsitektur, hingga berkesempatan untuk bekerja di luar negeri, lho.

7. Manajemen Logistik


Indonesia masih sangat kekurangan SDM di bidang logistik, padahal ruang lingkup pekerjaan logistik sangat luas, guys. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar penanganan transportasi, administrasi pergudangan, manajemen distribusi dan delivery, freight forwarding hingga kewirausahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)