Tingkatkan Literasi Data, Universitas Matana Resmikan Pojok Statistik

Jum'at, 29 Desember 2023 - 10:48 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi Data, Universitas Matana Resmikan Pojok Statistik
Universitas Matana bekerja sama dengan BPS Kabupaten Tangerang meresmikan Pojok Statistik. Foto/Universitas Matana.
A A A
JAKARTA - Universitas Matana bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang meresmikan Pojok Statistik. Adanya Pojok Statistik ini menjadi komitmen kampus untuk memajukan pendidikan, riset, dan kontribusi melalui kemitraan lembaga terkait.

Di wilayah Kabupaten Tangerang, Matana menjadi satu-satunya universitas yang memiliki program studi Statistika. Kolaborasi ini juga menegaskan komitmen BPS dalam memberikan kontribusi yang signifikan bukan hanya kepada pemerintah dan masyarakat, tetapi juga dalam ranah akademis.

Baca juga: Teliti HAM, Alumnus Unair Lulus Cum Laude dari Kampus Tertua di Belanda

Rektor Universitas Matana Franky Jamin mengatakan bahwa di era digitalisasi saat ini penggunaan data berperan penting untuk berbagai bidang usaha serta pengambilan keputusan atau kebijakan publik. Selain itu, data statistik juga memiliki manfaat untuk melihat pola perilaku masyarakat sebagai analisa tren di masa depan.

“Saya berharap dengan adanya Pojok Statistik di Universitas Matana, dapat memotivasi seluruh Civitas Akademika Universitas Matana bisa lebih gemar akan statistik dan memaknai data secara benar. Saya berharap data statistik dapat berperan dalam pembentukan keterampilan baru mahasiswa kita, terutama terkait literasi terhadap data, teknologi, dan manusia,” ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (29/12/2023).

Melalui kemitraan ini, Universitas Matana akan mendapatkan akses yang lebih luas terhadap sumber daya dan pengalaman praktis dari BPS. Selain itu, Pojok Statistik ini juga akan berperan sebagai pusat pengetahuan dan riset bagi para mahasiswa dan akademisi, serta masyarakat umum.

Baca juga: Daftar Lengkap Jurusan di Monash University Indonesia

Bakti Siregar selaku Ketua Program Studi Statistika Universitas Matana mengatakan, Pojok Statistik telah menyediakan lima mahasiswa yang akan dibimbing langsung oleh BPS atau disebut dengan Agen Statistik.

“Universitas Matana sangat senang bisa bekerja sama dengan BPS khususnya untuk mendukung literasi Statistik. Artinya Pojok Statistik ini adalah ruang diskusi untuk mahasiswa mengolah dan mengambil data, bagaimana memanfaatkannya, serta mempelajari aturan-aturan dalam mempublikasikan data,” ujarnya.

Pojok Statistik bukan hanya sekadar ruang fisik, tetapi juga merupakan representasi dari komitmen bersama untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan statistik dalam berbagai bidang.

Ke depannya, Pojok Statistik diharapkan akan menjadi tempat kolaborasi yang produktif antara Universitas Matana dan BPS Kabupaten Tangerang, menciptakan riset-riset yang inovatif, serta memperluas wawasan akademis dan praktis di bidang statistik.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4884 seconds (0.1#10.140)