Teliti HAM, Alumnus Unair Lulus Cum Laude dari Kampus Tertua di Belanda

Jum'at, 29 Desember 2023 - 08:39 WIB
loading...
Teliti HAM, Alumnus Unair Lulus Cum Laude dari Kampus Tertua di Belanda
Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) Annida Aqilla Putri. Foto/Unair.
A A A
JAKARTA - Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair) Annida Aqilla Putri berhasil lulus dengan predikat Pujian ( Cum Laude ) dari salah satu kampus tertua di Belanda, Utrecht University.

Menulis Tesis tentang HAM


Annida mengambil program penelitian hukum untuk studi master. Hal itu ia pilih bukan tanpa alasan. Menurutnya, dengan penelitian ia dapat melihat berbagai isu dan masalah sosial secara lebih luas dalam lensa hukum. Termasuk, ia dapat menyalurkan perhatiannya pada isu-isu yang selama ini menjadi fokusnya melalui penelitian hukum.

Sejak S1, Annida telah menaruh perhatiannya pada isu-isu seputar HAM (Hak Asasi Manusia). Ia kemudian menyalurkan perhatiannya itu pada penelitian tesisnya saat studi master.

Baca juga: Raih IPK 3.83, Mahasiswa Psikologi Ini Lulus Cumlaude di Undip

“Program yang aku ambil secara umum itu Penelitian Hukum. Di tahun kedua baru bisa ambil peminatan di mana aku ambilnya HAM karena memang concern di situ. Aku ambil itu karena bisa berinteraksi juga sama masyarakat. Selain itu, HAM juga bisa di-explore lebih jauh,” katanya, dikutip dari laman Unair, Jumat (29/12/2023).

Keputusan Annida untuk menulis tesis tentang HAM yang selama ini menjadi perhatiannya terbilang tepat. Pasalnya, ia bisa meraih predikat cum laude berkat penelitian tesisnya yang mendapat nilai tinggi.

Selain itu, berkat dedikasinya terhadap HAM, ia juga berkesempatan magang hingga menjadi pegawai tetap di salah satu NGO (Non-Governmental Organization) bidang HAM yang ada di Belanda.

Bermula dari Exchange


Sejak duduk di bangku S1, Annida tergolong sebagai mahasiswa yang aktif di secara akademik maupun non-akademik. Pada tahun 2019 misalnya, Annida berkesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa di Leiden University, Belanda.

“Kebetulan di tahun 2019 aku ada kesempatan ikut exchange di Leiden, Belanda juga selama satu semester,” ungkapnya.

Baca juga: 4 Perbedaan Gelar Cumlaude, Magna Cumlaude, Summa Cumlaude, dan Maxima Cumlaude

Pengalaman mengikuti pertukaran mahasiswa menjadi motivasi tersendiri untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Terlebih, ia telah merasakan budaya dan sistem pendidikan yang berbeda meski hanya dalam satu semester.

“Jadi sedikit banyak sudah tahu pengalaman kuliah di luar dan aku sangat enjoy. Setelah itu aku juga cari-cari informasi gimana caranya buat kuliah di sana,” ungkapnya.

Raih Beasiswa


Pengalaman, tujuan, dan kemauan untuk mengambil peluang yang ada membawa Annida berhasil meraih beasiswa di Utrecht University. Selepas lulus dari FH UNAIR pada 2021 lalu, ia mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk mewujudkan keinginannya melanjutkan studi master.

Baca juga: Peroleh Gelar Summa Cumlaude dengan IPK 4, Athena Hastomo Lulus S2 di Usia 22 Tahun

“Jadi beasiswa ini aku apply setelah aku lulus, 2021 lalu. Sempat magang dulu, lalu cari-cari info, dan pas apply Alhamdulillah langsung keterima,” tuturnya.

Annida memperoleh beasiswa Utrecht Excellence Scholarship (UES) – Law, Economics, Governance International Talent Scholarship. UES ini merupakan beasiswa langsung dari Utrecht University yang menawarkan kesempatan bagi calon mahasiswa bertalenta.

Sebelumnya, Annida harus bersaing dengan calon mahasiswa lainnya dari berbagai negara untuk berhasil lolos.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)