Unhan Resmi Buka Pendidikan Magister Eksekutif Prodi Strategi Perang Semesta

Kamis, 04 Januari 2024 - 10:35 WIB
loading...
Unhan Resmi Buka Pendidikan Magister Eksekutif Prodi Strategi Perang Semesta
Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza memimpin upacara pembukaan pendidikan Program Pendidikan Magister Eksekutif, Program Studi Strategi Perang Semesta (SPS) 2023/2024 di Kampus Pascasarjana Unhan, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024). FOTO/HUMAS UNHAN
A A A
JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) resmi membuka Program Pendidikan Magister (S2) Eksekutif, Program Studi Strategi Perang Semesta (SPS) tahun ajaran 2023/2024. Kelas ini diikuti 28 mahasiswa yang berasal dari unsur Perwira TNI, partai politik, dan media massa baik cetak maupun elektronik.

Upacara pembukaan pendidikan dipimpin langsung Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza di Ruang Kelas Eksekutif Lantai 2, Kampus Pascasarjana Unhan, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024). Upacara diikuti langsung seluruh pejabat Eselon I, II, dan III Unhan, tamu undangan, serta dosen pengajar dari luar negeri melalui virtual.

Rektor Unhan mengaku bangga dapat menyambut 28 mahasiswa Program Magister (S2) Eksekutif, Program Studi Strategi Perang Semesta 2023/2024, sebagai bagian dari upaya mempersiapkan intelektual muda untuk membentuk masa depan Indonesia. Ia menjelaskan kompleksitas tantangan di masa depan dan pentingnya persiapan dari segi militer dan non-militer.


Melalui program ini, Unhan berkomitmen memberikan pengetahuan mendalam terkait berbagai ilmu Strategi Perang Semesta. Materi melibatkan sejarah perang, teori perang, strategi perang, generasi-generasi perang, gambaran perkembangan lingkungan strategis, dan ilmu relevan lainnya dari para pakar terpilih, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Pakar yang terlibat tidak hanya akademisi tetapi juga praktisi untuk memberikan manfaat komprehensif bagi mahasiswa, baik secara praktis maupun teoritis," katanya.

Rektor berharap kolaborasi antara mahasiswa dan dosen dapat membentuk kader-kader unggul yang tidak hanya memahami konsep strategi perang tetapi juga mampu mengaplikasikannya untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa.

Rektor menekankan tanggung jawab bersama dalam memastikan bahwa pendidikan ini bukan hanya pencapaian pribadi tetapi juga kontribusi nyata bagi pembangunan pertahanan negara.

Dalam laporannya, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Brigjen TNI Yudianto Putrajaya menjelaskan, Program Magister (S2) Eksekutif Prodi Strategi Perang Semesta (SPS) 2023/2024 diikuti oleh 28 mahasiswa. Mereka berasal dari unsur Perwira TNI, partai politik, dan media massa baik cetak maupun elektronik.

"Selain itu, terdapat 17 dosen luar negeri dari negara Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Irlandia," katanya.

Kegiatan perkuliahan kelas eksekutif akan dilaksanakan selama 1 tahun dengan masa tempuh kurikulum selama 4 semester.
Setelah pembacaan laporan kesiapan pendidikan, upacara dilanjutkan dengan penyematan pin Mahasiswa Program Magister Unhan secara simbolis oleh Rektor Unhan RI kepada perwakilan mahasiswa. Selesai upacara, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)