Profil Curie Maharani Savitri, Dosen HI BINUS Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024

Jum'at, 05 Januari 2024 - 17:41 WIB
loading...
Profil Curie Maharani Savitri, Dosen HI BINUS Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024
Curie Maharani Savitri, dosen HI BINUS University terpilih menjadi salah satu dari 11 panelis debat pilpres 2024 ketiga. Foto/YouTube Lemhanas RI.
A A A
JAKARTA - Curie Maharani Savitri , dosen Hubungan Internasional (HI) BINUS University terpilih menjadi salah satu dari 11 panelis debat Pilpres 2024 ketiga. Berikut ini profil pendidikannya.

Curie Maharani Savitri adalah pengamat masalah pengadaan pertahanan dan kebijakan industri, offset, proliferasi senjata, dan alih teknologi yang sering diundang menjadi narasumber dalam banyak dialog pertahanan.

Saat ini Curie Maharani aktif menjadi dosen Kajian Konflik dan Keamanan di BINUS University. Dia menerima gelar Ph.D. dalam Manajemen Pertahanan dan Kepemimpinan dari Cranfield University pada tahun 2016.

Sebelumnya, Curie Maharani memperoleh predikat Cum Laude pada studi masternya di Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan Manajemen Pertahanan, pada tahun 2007.

baca juga: Ini 11 Nama Panelis Debat Capres 7 Januari 2024

Dikutip dari laman BINUS university, sebelum kuliah di ITB, dia menyelesaikan kuliah sarjananya di Universitas Indonesia (UI), jurusan Hubungan Internasional, pada tahun 2002.

Sebelum bergabung dengan BINUS, Curie telah aktif menangani isu-isu manajemen pertahanan di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan S. Rajaratnam School of International Studies.

Hingga saat ini, Curie Maharani Savitri tercatat sudah membuat 12 publikasi ilmiah baik di jurnal nasional dan internasional.

Di antaranya Kontribusi offset terhadap industrialisasi pertahanan di Indonesia (Disertasi doktoral, Cranfield University), Membangun Kolaborasi Maritim untuk Keamanan dan Stabilitas: Dialog Pertahanan Internasional Jakarta 2014 Universitas Pertahanan Indonesia, hingga Tentang Militerisme di Indonesia: Kampanye Anti-Remiliterisme di Indonesia.

baca juga: Jadi Panelis Debat Ketiga Pilpres 2024, Ini Profil Prof Angel Damayanti

Selain Curie Maharani Savitri, 11 panelis baik dari akademisi hingga peneliti yang telah ditunjuk sebagai perumus pertanyaan debat kali ini di antaranya Prof Angel Damayanti, Prof Hikmahanto Juwana, Prof Evi Fitriana, I Made Andi Arsana, hingga Peneliti BRIN Irine Hiraswati Gayatri.

Debat ketiga Pilpres 2024, baik Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto akan diuji kemampuannya mengenai tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dengan sub tema globalisasi, dan geopolitik dengan sub tema politik luar negeri.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)