4 PTN di Luar Jawa yang Baru Buka Jurusan Kedokteran 2024, Peluang Lolos Besar?

Senin, 08 Januari 2024 - 11:09 WIB
loading...
4 PTN di Luar Jawa yang Baru Buka Jurusan Kedokteran 2024, Peluang Lolos Besar?
Universitas Bangka Belitung (UBB) menjadi satu dari 4 PTN di luar Pulau Jawa yang membuka jurusan kedokteran baru di 2024 lewat jalur Mandiri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 PTN di luar Pulau Jawa yang baru membuka jurusan kedokteran di 2024. Kamu ingin kuliah kedokteran yang memiliki peluang diterima tinggi? Jika banyak perguruan tinggi di Pulau Jawa yang hampir dipastikan persaingannya sangat ketat, maka memilih studi Kedokteran di luar Pulau Jawa bisa menjadi pilihan realistis.

Apakah ada universitas di luar Pulau Jawa yang punya jurusan kedokteran? Jangan khawatir. saat ini setidaknya ada 4 perguruan tinggi negeri (PTN) yang baru membuka jurusan kedokteran.

Sebagai jurusan baru ada kemungkinan tingkat persaingannya belum terlalu ketat sehingga peluang lolos diprediksi juga besar. Artikel kali ini akan membahas, 4 PTN di luar Pulau Jawa yang membuka jurusan kedokteran baru.

4 PTN di Luar Jawa yang Baru Buka Jurusan Kedokteran pada 2024


1. Universitas Bangka Belitung (UBB)


UBB membuka kesempatan masyarakat untuk menjadi calon dokter dengan kuota sebanyak 40 mahasiswa pada tahun lalu. Karena masih baru, jurusan ini dibuka lewat jalur mandiri dan SNBT pada tahun 2023.

Jika kamu mau mendaftar lewat jalur mandiri, maka kamu bisa mendaftar lewan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN Barat). Menariknya, prodi ini bisa didaftar siswa lulusan SMK yang punya jurusan linier dengan Kedokteran.

2. Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah)


Kampus yang berada di Provinsi Kepri ini juga sudah membuka Prodi Kedokteran lewat jalur SMMPTN Barat 2023. Adapun persyaratannya mengikuti aturan SMMPTN Barat. Berikut syaratnya:

a. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.

b. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2023, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.

c. Peserta seleksi dalam kondisi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.

d. Khusus siswa yang memilih kuliah di Umrah, bisa menggunakan ijazah 5 tahun terakhir (2019, 2020, 2021, 2022 dan 2023) dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023.


3. Universitas Borneo Tarakan (UBT)


Salah satu kampus luar Pulau Jawa yang baru membuka jurusan Kedokteran adalah UBT. UBT satu-satunya kampus yang membuka jurusan ini di Kalimantan Utara. Kuota yang akan dibuka sebanyak 40 orang. Namun pendaftaran jurusan ini baru akan dibuka pada tahun 2024.

4. Universitas Negeri Padang (UNP)


UNP termasuk kampus luar Pulau Jawa yang baru pertama kali membuka jurusan ini pada tahun 2023. Persyaratan mendaftar Kedokteran UNP lewat jalur mandiri, seperti ini;

a. Lulusan SMA/MA tahun 2021, 2022 dan 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)