Persiapan AICIS 2024 Terus Dimatangkan, Ini Deretan Event yang Ikut Meramaikan

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:35 WIB
loading...
Persiapan AICIS 2024 Terus Dimatangkan, Ini Deretan Event yang Ikut Meramaikan
The 23rd Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS)
A A A
SEMARANG - The 23rd Annual International Conference on Islamic Studies ( AICIS) " akan digelar pada 1-4 Februari 2024 di Universitas Islam Negeri ( UIN) Walisongo Semarang.

AICIS 2024 membahas peran agama khususnya peran Islam dalam mengatasi krisis kemanusiaan global. Secara spesifik tema utama dalam konferensi ini adalah Redifining The Roles of Religions in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice and Human Right Issues.

Koordinasi persiapan AICIS 2024 telah dilaksanakan pada Rabu (10/1/2024) di Ruang Senat UIN Walisongo dan diikuti oleh Tim Kementerian Agama RI dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof.Dr.Mukhsin Jamil,M.Ag dan Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Dr.Tholib AL Asyhar,S.Ag.,M.Si.

Rektor UIN Walisongo sekaligus Sekertaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Nizar menyampaikan keistimewaan AICIS 2024 adalah diselenggarakannya ASEAN Religious Leader Summit.



Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof.Dr.Mukhsin Jamil,M.Ag menyampaikan Agenda AICIS 2024 dibagi menjadi dua agenda utama yaitu program akademik dan acara.Program Akademik dibuka oleh beberapa keynote Speach Redifining The Roles of Religions in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice and Human Right Issues.

“Program akademik meliputi “The Inaugural SEA Religious Summit”, forum ini akan dirancang untuk mempertemukan para pemuka agama dari berbagai daerah di tanah air dan negara-negara di Asia tenggara. Untuk berbagi prespektif dan wawasan unik yang dperoleh dari beragam pengalaman dan pakar sehingga partisipan akan turut berdiskusi tentang kemanusiaan dan kedamaian,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (11/1/2024).

Selain itu ada Plenary Session, pada forum ini akan menampilkan dua sesi. Bagian pertama akan berfokus pada Pemberdayaan Ekonomi: Teoretis dan Empiris, sedangkan bagian kedua membahas Fiqh dan moderasi beragama dalam konteks global.

Sesi Pararel, selama sesi pararel makalah akademis yang terpilih akan disajikan dan dipresentasikan. Sesi diskusi selanjutnya adalah “ On Stage Discussion” pada forum ini akan membahas peran pemimpin agama dalam menyelesaikan krisis manusia dan akan menghadirkan para pemimpin agama dari Moro, Pattari dan Rohingnya.

Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Dr.Tholib AL Asyhar,S.Ag.,M.Si. menyampaikan kegiatan AICIS 2024 dimeriahkan pula dengan berbagai event seperti pameran kebudayaan dan peradaban Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)