Mau Berkarier di BMKG? Ini 4 Jurusan Kuliah di STMKG yang Bisa Dipilih

Kamis, 11 Januari 2024 - 13:51 WIB
loading...
Mau Berkarier di BMKG? Ini 4 Jurusan Kuliah di STMKG yang Bisa Dipilih
STMKG merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan BMKG. Selepas lulus, mahasiswa berkesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan program studi atau jurusan di sekolah kedinasan STMKG yang perlu diketahui. Kamu berminat mendaftar di sekolah kedinasan? Sekolah kedinasan STMKG bisa menjadi salah satu pilihan.

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan BMKG. Selepas lulus, mahasiswa berkesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia. Apa saja jurusan atau prodi yang tersedia di STMKG? Artikel kali ini akan membahas deretan jurusan di STMKG, simak ya!

4 Jurusan Kuliah di STMKG


1. Meteorologi


Pernah menonton drama Korea Forecasting Love and Weather yang diperankan Song Kang dan Park Min Young? Jika iya drakor tersebut memiliki latar profesi orang-orang yang bekerja di BMKG dan tugas utamanya memprediksi cuaca.

Nah meteorologi adalah jurusannya. Jurusan ini mempelajari cuaca dan atmosfer. Fokus utamanya yaitu prakiraan cuaca, meteorologi penerbangan, fenomena bahaya meteorology, serta penyediaan dan diseminasi informasi meteorologi.

Hal yang dipelajari:

Pengamat cuaca

Prediksi cuaca

Analisis kejadian dan fenomena cuaca di area tropis

Meteorologi maritim

Meteorologi penerbangan


2. Klimatologi


Klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari iklim. Iklim dipelajari melalui studi atmosfer pada wilayah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Iklim juga dilihat hubungannya dengan segala aktivitas di permukaan bumi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)