8 Jurusan yang Nilai Rapor Ekonominya Mesti Bagus untuk SNBP 2024

Jum'at, 12 Januari 2024 - 12:56 WIB
loading...
8 Jurusan yang Nilai Rapor Ekonominya Mesti Bagus untuk SNBP 2024
Sejumlah jurusan kuliah membutuhkan nilai mata pelajaran (mapel) pendukung ekonomi yang harus bagus di SNBP 2024. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah membutuhkan nilai rapor mata pelajaran (mapel) pendukung ekonomi yang harus bagus di SNBP 2024. Berikut 8 jurusan kuliahnya yang bisa dipertimbangkan.

Salah satu komponen penilaian di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) aalah nilai rapor paling banyak 2 mapel pendukung program studi yang dituju.

Selanjutnya penilaian SNBP memperhitungkan nilai prestasi dan portofolio dengan rentang bobot penilaian 0 persen sampai dengan 50 persen.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Nilai Matematikanya Harus Bagus di SNBP 2024

Syarat mapel pendukung itu sebagaimana Kepmendikbudristek No 345/M/2022 tentang Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.

Dikutip dari Kepmendikbudristek tersebut, berikut 8 jurusan kuliah yang nilai rapor mapel ekonominya harus bagus untuk SNBP 2024.

8 Jurusan Kuliah yang Nilai Mapel Ekonominya Harus Bagus untuk SNBP 2024

1. Ekonomi


Jurusan kuliah yang nilai rapor ekonominya harus bagus tentu saja Ekonomi. Jurusan Ekonomi masuk di rumpun Ilmu Sosial.

Sejumlah PTN dengan jurusan Ekonomi terakreditasi Unggul itu seperti di Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, dan lainnya.

2. Perencanaan Wilayah


Pada Kepmendikbudristek No 345, disebutkan jurusan Perencanaan Wilayah juga membutuhkan nilai rapor mapel pendukung Ekonomi dan atau Matematika untuk sekolah dengan Kurikulum Merdeka dan jurusan IPS di Kurikulum 2013.

Beberapa PTN dengan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi unggul seperti di UGM, Undip, Unhas, Unsrat, ITB, dan lainnya.

3. Ilmu atau Sains Akuntansi


Selanjutnya jurusan kuliah yang nilai rapor Ekonominya mesti bagus adalah Ilmu atau Sains Akuntansi yang masuk rumpun ilmu terapan.

Baca juga: Nilai Rapor Fisika dan Biologi Bagus? Pilih Jurusan Kuliah SNBP 2024 Berikut Ini

Universitas Jember, UIN Sumatera Utara Medan, UIN Sunan Kalijaga, UI, Unair, Universitas Jambi, UPN Veteran Jatim adalah beberapa PTN dengan jurusan Akuntansi unggul.

4. Ilmu atau Sains Manajemen


Berikutnya ada jurusan Ilmu atau Sains Manajemen yang nilai rapor ekonomi harus bagus di kurikulum merdeka dan siswa dari jurusan IPS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)