8 PTN yang Sangat Direkomendasikan Tak Jadi Pilihan Kedua di SNBP 2024, Ini Alasannya

Senin, 15 Januari 2024 - 06:58 WIB
loading...
8 PTN yang Sangat Direkomendasikan Tak Jadi Pilihan Kedua di SNBP 2024, Ini Alasannya
Universitas Indonesia (UI) menjadi satu dari sekian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sangat tidak direkomendasikan jadi pilihan kedua di SNBP 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 8 PTN yang sangat direkomendasikan tidak menjadi pilihan kedua di SNBP 2024. Pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024 tentunya calon mahasiswa harus menentukan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan dipilih.

Calon mahasiswa biasanya akan mengisi 2 PTN yang akan menjadi pilihan melalui SNBP untuk dijadikan pilihan pertama dan pilihan kedua atau cadangan. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa PTN yang ternyata sangat tidak direkomendasikan untuk dijadikan pilihan kedua pada SNBP 2024.

Kenapa? Salah satu alasannya adalah beberapa PTN tersebut masuk daftar terbaik di Indonesia dan tentunya sangat sayang jika hanya dijadikan pilihan kedua. Untuk lebih jelasnya, mengutip akun instagram @kejarptn.id, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

8 PTN yang Sangat Direkomendasikan Tidak Menjadi Pilihan Kedua di SNBP 2024


1. Universitas Brawijaya


Pertama adalah Universitas Brawijaya atau biasa disingkat UB yang dikenal memiliki Jurusan kedokteran terfavorit. Bahkan di tahun 2022 lalu, ada sebanyak 3.321 peminat yang ingin masuk ke Jurusan Kedokteran UB.

2. Universitas Airlangga


Sama halnya dengan UB, Universitas Airlangga juga dikenal sebagai salah satu PTN dengan jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia. Berdasarkan data resmi dari SIDATA 2023, jurusan kedokteran di UNAIR diminati sebanyak 3.150 calon mahasiswa sedangkan daya tampungnya hanya 90 kuota.

3. Universitas Indonesia


PTN yang satu ini juga masuk daftar kampus yang tidak direkomendasikan untuk dijadikan pilihan kedua saat SNBP 2024. UI sendiri memiliki 14 Fakultas dengan lebih dari 291 program studi dan yang paling dikenal adalah jurusan tekniknya.


4. Institut Teknologi Bandung


Kampus negeri yang biasa disingkat ITB ini juga dikenal sebagai kampus pencetak sarjana teknik terbaik.
Maka dari itu, kampus negeri yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini sangat direkomendasikan untuk jadi pilihan pertama di SNBP 2024.

5. Universitas Padjadjaran


Berikutnya PTN yang sangat tidak direkomendasikan untuk jadi pilihan kedua saat SNBP 2024 adalah Unpad. PTN di Bandung ini memiliki jurusan hukum yang diklaim paling favorit berdasarkan SIDATA PTN Kemendikbud, pasalnya sebanyak 3.667 calon mahasiswa minat di jurusan ini.

6. Universitas Diponegoro


Di wilayah Jawa Tengah juga ada kampus negeri yang tidak untuk ditempatkan pada pilihan kedua yaitu Undip. Kampus yang berada di Kota Semarang ini dikenal memiliki jurusan terfavorit Psikologi dengan 3.617 peminat kemudian di urutan kedua ada jurusan hukum dengan 3.285 peminat.

7. Universitas Gadjah Mada


Kampus negeri yang berlokasi di Yogyakarta ini sudah tentu tidak disarankan untuk jadi pilihan kedua di SNBP 2024. Pasalnya kampus UGM memiliki jurusan Farmasi yang jadi jurusan kuliah terfavorit dan paling dicari dunia kerja.

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember


Lalu yang terakhir ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau biasa disingkat ITS yang berlokasi di Surabaya. ITS memiliki jurusan terfavorit Teknik Informatika dengan peminat sebanyak 2.564 calon mahasiswa pada tahun 2023 sedangkan daya tampungnya hanay 81 kuota
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)