5 Rekomendasi Universitas Negeri di China, Tak Kalah dengan Amerika dan Eropa

Senin, 15 Januari 2024 - 09:04 WIB
loading...
5 Rekomendasi Universitas Negeri di China, Tak Kalah dengan Amerika dan Eropa
5 rekomendasi universitas terbaik di China yang tak kalah dengan Barat berdasarkan HE WUR 2024. Salah satunya adalah Universitas Tsinghua. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Universitas negeri di China menawarkan berbagai program studi yang berkualitas, mulai dari ilmu pengetahuan dan teknologi, hingga seni dan humaniora. Hal tersebut tak lain karena kebangkitan China yang telah membawa dampak yang signifikan, tidak hanya pada ekonomi dan politik, tetapi juga pada kualitas pendidikannya.

Reformasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah China telah meningkatkan kualitas pendidikan di China secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai indikator, salah satunya peringkat universitas-universitas China di peringkat dunia.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Skotlandia, Nomor 3 Kampusnya Pangeran William dan Kate Middleton

China memiliki banyak universitas terbaik yang tidak kalah dengan universitas-universitas di Amerika dan Eropa. Bahkan, pada tahun 2024, terdapat 7 universitas China yang masuk dalam peringkat 100 besar versi Times Higher Education Rankings.

Berikut adalah 5 rekomendasi universitas terbaik di China yang tak kalah dengan Barat:

1. Universitas Tsinghua


Tsinghua University adalah universitas paling bergengsi dan berpengaruh yang terletak di Beijing, ibu kota China. Universitas ini didirikan pada tahun 1911 dan telah menghasilkan banyak pemimpin dan tokoh penting di China, termasuk Presiden Xi Jinping.

Universitas Tsinghua menawarkan 29 program studi dalam bahasa Inggris. Beberapa bidang studi yang menjadi unggulan di Tsinghua University adalah Ilmu Komputer, Kedokteran, Bioteknologi dan Mikrobiologi Terapan, Teknik Mesin dan Teknik Sipil.

Universitas Tsinghua, yang menduduki peringkat ke-1 sebagai universitas terbaik di Asia pada tahun 2023 dan ke-12 di dunia pada tahun 2024 versi Times Higher Education Rankings, memiliki sejarah yang unik. Universitas ini berdiri di bekas taman kekaisaran Dinasti Qing, dan dikelilingi oleh sejumlah situs bersejarah di barat laut Beijing.

2. Universitas Peking


Peking University adalah universitas tertua dan paling prestisius di China. Universitas ini terletak di Beijing dan telah berdiri sejak tahun 1898 sebagai universitas nasional pertama yang mencakup disiplin ilmu komprehensif di China. Universitas ini memiliki peran penting dalam modernisasi China dan penekanan tradisionalnya terhadap kemajuan, patriotisme, dan ilmu pengetahuan.

Universitas Peking memiliki 26 program studi dan dikenal dengan keunggulannya dalam bidang Teknik Material, Nanosains dan Nanoteknologi, Kimia fisik, Ilmu Komputer dan Geosains. Universitas Peking juga menyediakan beberapa beasiswa bagi pelajar internasional dan memiliki persentase siswa internasional senilai 14%.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Surabaya Versi EduRank 2023, Kampus Berkualitas Bertebaran

Universitas Peking menduduki peringkat ke-2 sebagai universitas terbaik di Asia pada tahun 2023 dan ke-14 di dunia pada tahun 2024 versi Times Higher Education Rankings. Hal ini menjadi nilai tambah untuk menjadikan Universitas Peking sebagai tujuan studi.

3. Universitas Shanghai Jiao Tong


Seperti namanya, Shanghai Jiao Tong University adalah universitas negeri yang terletak di Shanghai. Universitas ini didirikan pada tahun 1896 dan merupakan salah satu universitas paling bergengsi dan selektif di China.

Universitas ini memiliki 11 laboratorium negara dan pusat penelitian teknik nasional. Sehingga, tidak mengherankan jika universitas ini dipandang sebagai salah satu institusi dengan kinerja penelitian terbaik di China. Universitas ini juga menawarkan lebih dari 60 program sarjana di bidang ekonomi, hukum, sastra, ilmu pengetahuan, teknik, pertanian, kedokteran, manajemen, dan seni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)