11 Beasiswa di UM Surabaya, Ada KIP Kuliah hingga untuk Penghafal Al-Qur'an

Selasa, 16 Januari 2024 - 08:01 WIB
loading...
11 Beasiswa di UM Surabaya, Ada KIP Kuliah hingga untuk Penghafal Al-Quran
UM Surabaya memiliki 11 beasiswa yang berlaku di 2024 mulai KIP Kuliah hingga beasiswa tahfidz. Foto/UM Surabaya.
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) memiliki 11 beasiswa yang berlaku di 2024 ini. Calon mahasiswa bisa memilih beasiswa KIP Kuliah hingga beasiswa tahfidz.

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2024-2025 sejak 11 Desember 2023 hingga 31 Maret 2024.

Bukan hanya satu gelombang, namun UM Surabaya akan membuka gelombang kedua pendaftaran pada 1 April 2024 hingga 30 Juni 2024. Sementara gelombang ketiganya dibuka 1 Juli sampai 31 Agustus 2024.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik di UM Surabaya yang Bisa Diakses dengan Beasiswa, Ini Daftarnya

Bukan hanya sekedar menerima mahasiswa baru, namun UM Surabaya juga membuka akses ke seluruh siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa.

Dikutip dari laman UM Surabaya, berikut ini 11 beasiswa yang tersedia untuk lulusan SMA dan sederajat.

11 Beasiswa di UM Surabaya

1. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) Non FK dan FKG


Persyaratan mendaftar beasiswa KIP Kuliah ini adalah melampirkan nilai rapor semester I-V minimal 7,5, foto kondisi rumah calon mahasiswa, juga kartu KIP atau SKM dari kelurahan atau kepala desa. Siswa yang lolos akan dibebaskan dari uang gedung dan biayapendidikan kecuali formulir

2. Beasiswa Influencer dan Alumni SMK IT (Non FK dan FKG)


Tidak hanya harus mempunyai akun media sosial yang aktif dan produktif, namun persyaratan beasiswa ini ialah bersedia untuk tanda tangan kontrak dengan Biro LIPMB. Benefitnya akan dibebaskan dari uang gedung.

3. Beasiswa Undangan (Non FK dan FKG)


Beasiswa undangan akan membebaskan biaya SPP selama satu semester dengan syarat masuk 5 besar juara kelas dan mendapat rekomendasi dari sekolah terkait

4. Beasiswa Alumni Sekolah Muhammadiyah/ Warga Muhammadiyah (Non FK dan FKG)


Calon pendatftar mesti melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah atau menyertakan KTA Muhammadiyah untuk mendapatkan potongan uang gedung sebesar 25 persen.

5. Program Kuliah Berani Kerja (KBK)


Bagi yang lolos beasiswa KBK hak yang didapat nanti akan menyesuaikan dengan peletakan kerja melalui BAKAI.

Baca juga: UM Surabaya Segera Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Cek Beasiswa dan Jurusannya

Syaratnya adalah memiliki pengalaman kerja sebelumnya (dibuktikan dengan surat/ sertifikat) dan bersedia menandatangani kontrak dengan BAKAI.

6. Beasiswa Kader (Khusus Prodi HKI dan studi agama-agama kelas Ma’had Umar Bin Al Khattab)


Beasiswa Kader memerlukan rekomendasi PC/PR Muhammadiyah dengan hak yang didapat bebas uang gedung dan dana pendidikan kecuali formulir, her registrasi persemester, UTS/UAS dan praktikum.

7. Beasiswa Warga Sekitar (Non FK dan FKG)


Persyaratan untuk beasiswa ini adalah mendapat rekomendasi dari Ketua RT dan berdomisili di Kecamatan Mulyorejo dan sekitarnya dengan menunjukkan KTP.

Hak yang didapat dari beasiswa ini adalah potongan uang gedung 25%

8. Beasiswa Atlet (Non FK, FKG dan FIK)


Beasiswa atlet memerlukan pesyaratan rekomendasi dari institusi yang kredibel, lalu melampirkan sertifikat kejuaraan, selain itu juga bersedia menandatangani kontrak dengan Biro BAKAI

Hak yang didapat adalah bebas uang gedung dan dana pendidikan kecuali formulir.

9. Beasiswa Dhuafa (Non FK, FKG dan FIK)


Persyaratan yang perlu dilengkapi adalah melampirkan foto kondisi rumah dan SKTM dari kelurahan atau kepala desa. Benefitnya adalah bebas biaya SPP 1 semester.

10. Beasiswa Difabel (Non FK , FKG dan FIK)


Persyaratan untuk beasiswa ini memerlukan rekomendasi dari institusi yang kredibel. Selain itu sasarannya juga untuk Tunadaksa dan bersedia menandatangani kontrak dengan BAKAI.

Selain itu mengikuti tes seleksi sesuai ketentuan. Hak yang didapat dari beasiswa ini adalah bebas uang gedung dan dana pendidikan kecuali formulir.

11. Beasiswa Tahfidz (Non FK dan FKG)


Persyaratan untuk beasiswa ini adalah minimal hafal 3 juz Al-Qur'an dan bersedia menandatangani kontrak dengan BAKAI.

Hak yang didapat: Bebas uang gedung dan dana pendidikan kecuali formulir, her registrasi persemester UTS/UAS dan praktikum.

Demikian 11 beasiswa yang tersedia di UM Surabaya di tahun ini. Semoga infomasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)