Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 UGM, Ini Kuota dan Jalur Masuk yang Tersedia

Selasa, 16 Januari 2024 - 19:08 WIB
loading...
Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 UGM, Ini Kuota dan Jalur Masuk yang Tersedia
Penerimaan mahasiswa baru 2024 di Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan kuota hingga 10.000 kursi. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Penerimaan mahasiswa baru 2024 di Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan kuota hingga 10.000 kursi. Tersedia seleksi jalur nasional, mandiri, dan juga kelas internasional.

"Kualitas pendidikan akan menjadi lebih bermakna ketika kita memiliki subjek-subjek mahasiswa yang memiliki backround berbeda," ujar Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Prof. Dr. Wening Udasmoro, dikutip dari laman UGM, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Jalur SNBP UGM 2024 Terima 2.821 Mahasiswa Baru, Ini 25 Prodi dengan Kuota Terbanyak

Keragaman tersebut bukan hanya dari daerah yang berbeda, namun juga budaya, agama, hingga asal negara, ujarnya, yanakan memperkaya kualitas pendidikan juga meningkatkan interaksi mahasiswa UGM dengan masyarakat dengan keragaman yang berbeda.

Kuota Seleksi Mahasiswa Baru 2024 UGM


UGM membuka dua jalur, untuk jalur regule ada kuota sebanyak 9.362 dan IUP sebanyak 1.010. Untuk Reguler, jalur SNBP kuotanya 30 persen, SNBT 30 persen, dan jalur UM 40 persen.

Jalur Seleksi Mahasiswa Baru 2024 UGM

Seleksi Jalur Nasional


Pada seleksi mahasiswa baru 2024, UGM masih membuka dua jalur seleksi nasional yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Seleksi Jalur Mandiri


Seleksi jalur mandiri juga ada yang terbagi dua kategori. Pertama adalah jalur reguler terdiri dari Ujian Mandiri (UM) UGM Penelusuran Bibit Unggul (PBU).

Baca juga: Info Terbaru, Ini 15 Jurusan dengan Daya Tampung Terbanyak UGM di SNBP 2024, Ilmu Hukum Tertinggi

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM Prof, dr. Gandes Retno menjelaskann, untuk UM UGM PBU ada tiga kategori yaitu bibit unggul untuk siswa tidak mampu namun kompetensinya bagus.

Kemudian siswa dengan prestasi unggul baik dar prestasi IPTEK maupun minat dan bakat. Lalu untuk kandidat unggul yang berasal dari daerah yang perlu diafirmasi seperti 3T dan daerah mitra UGM dalam pelaksanaan Tri Darma Pendidikan Tinggi.

Seleksi Jalur IUP


Di samping jalur reguler, UGM juga membuka IUP atau kelas internasional yang pendaftarannya dibuka dalam tiga gelombang. Ada 26 program studi dari 11 fakultas yang membuka kelas IUP UGM.

Perbedaan proses seleksi IUP dengan reguler karena setiap fakultas memiliki materi seleksi masing-masing. Jadi tidak hanya uji kemampuan bahasa Inggis, namu juga sisi kognitif, potensi akademik, menulis esai, hingga leadership group discussion.

Tidak hanya menjelaskan jalur penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Prof. Gandes juga menampik isu SNBP tentang prioritas putra-putri daerah.

“Kita ingin mencapai keberagaman di UGM, sehingga tidak ada tujuan untuk (memprioritaskan) satu kota saja. Nilai-nilai tersebut akan diolah sedemikian rupa kemudian kita potong sesuai kuota yang tersedia," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)