Rincian Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Kedokteran di Unair, ITS, UB dan Unesa

Rabu, 17 Januari 2024 - 11:44 WIB
loading...
Rincian Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Kedokteran di Unair, ITS, UB dan Unesa
Setidaknya ada 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Jawa Timur yang memiliki jurusan kedokteran terbaik yakni ITS, Unesa, UB dan Unair. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini rincian biaya kuliah dan uang pangkal jurusan kedokteran di Uanir, ITS, UB dan Unesa. Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai gudang universitas terbaik yang memiliki jurusan kedokteran tak terkecuali Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Setidaknya ada 4 PTN terbaik yang memiliki jurusan kedokteran yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Brawijaya (UB) dan Unair.

Sebelum mendaftar di tiga PTN favorit tersebut, sebaiknya mengetahui berapa besaran biaya kuliah dan uang pangkal di jalur mandiri. Artikel kali ini akan membahas besaran biaya kuliah dan uang pangkal jurusan kedokteran di ITS, UB dan Unair, simak ya!

Biaya Kuliah dan Uang Pangkal Kedokteran ITS, Unesa, UB dan Unair


1. ITS


ITS baru membuka Prodi S1 Kedokteran melalui jalur mandiri pada 2023. Dalam laman resminya, calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Umum ITS 2023 dikenakan biaya pendidikan berupa:

a. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan. Besaran biaya ditentukan ITS dalam satu kategori (khusus program studi Kedokteran) dengan mempertimbangkan kemampuan orangtua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

b. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), yang dibayarkan penuh sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa yaitu pada saat daftar ulang.

c. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), yang dibayarkan tiap semester bersamaan dengan pembayaran SPP mulai semester 2 sampai semester 6.

d. Namun khusus Seleksi Mandiri Umum Kedokteran tahun 2023 tidak dikenakan SPA.

Bila diterima di S1 Kedokteran ITS, kamu wajib membayar uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) minimal Rp150 juta yang dibayar penuh saat daftar ulang. Lalu SPP yang dibayar per semester sebesar Rp 20 juta.


2. Universitas Brawijaya (UB)


Universitas Brawijaya (UB) memiliki perbedaan biaya kuliah kedokteran antara jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri UB (SMUB). Untuk biaya SNBP dan SNBT, UB menerapkan delapan kelompok UKT yang dibayar setiap semester, antara lain:

a. Kelompok 1: Rp500.000
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)