5 Jurusan di Akmil Tahun 2024 yang Setara D4, Lulus Sandang Pangkat Letnan Dua

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:04 WIB
loading...
5 Jurusan di Akmil Tahun 2024 yang Setara D4, Lulus Sandang Pangkat Letnan Dua
Akademi militer (Akmil) adalah sebuah lembaga pendidikan militer di Indonesia yang memiliki tugas utama untuk melatih calon-calon perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan di Akmil tahun 2024 yang setara dengan D4. Kamu lulusan SMA atau MA yang lulus tahun 2024 dan berminat mendaftar Akademi Militer (Akmil)? Sebagai salah satu sekolah kedinasan, pilihan melanjutkan studi ke Akmil yang kampusnya berada di Magelang, Jawa Tengah ini adalah pilihan tepat.

Akmil adalah sebuah lembaga pendidikan militer di Indonesia yang memiliki tugas utama untuk melatih calon-calon perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD.

Lulusan pendidikan Akmil akan menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua sesuai korps atau kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton. Sebelum mendaftar Akmil, informasi mengenai jurusan yang ada perlu diketahui. Artikel kali ini akan khusus membahas 5 jurusan di Akmil tahun 2024 yang setara dengan D4, apa saja? Simak pemaparannya berikut ya!

5 Jurusan di Akmil Tahun 2024 yang Setara D4


Akmil memiliki lima jurusan yang setara dengan Sarjana Terapan atau D4. Jadi saat lulus dari Akmil, para perwira ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan atau S.Tr.(Han).

Dilansir dari laman rekrutmen TNI AD, pendaftaran Akmil akan dibuka mulai 1 Februari 2024. Lulusan yang bisa mendaftar Akmil adalah siswa SMA dan MA dari semua jurusan. Sedangkan bagi siswa SMK belum bisa mendaftar. Karena masih ada waktu sebelum mendaftar, cek profil masing-masing jurusan di Akmil 2024.


1. Teknik Elektronika Pertahanan


Jurusan di Akmil yang pertama adalah Teknik Elektronika Pertahanan.Berdasarkan data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN PT, jurusan ini sudah diakreditasi mulai tahun 2023.

Jurusan ini memiliki visi center of excellence untuk menghasilkan lulusan Perwira TNI AD di bidang Ilmu Kemiliteran dan Teknik Elektkronika yang modern dan tangguh.

2. Teknik Sipil Pertahanan


Prodi Teknik Sipil Pertahanan di Akmil ini sudah terakreditasi A yang merupakan perpaduan Teknik Sipil dengan Teknik Kemiliteran. Sehingga apabila telah lulus dari Akmil, para Taruna bisa berkontribusi pada bidang kemiliteran serta teknik sipil pertahanan.


3. Teknik Mesin Pertahanan


Teknik Mesin Pertahanan Akmil juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Lulusan dari Prodi Teknik Mesin Pertahanan Akmil ini bisa langsung bekerja di seluruh satuan jajaran Korps Kecabangan Penerbang TNI-AD, sehingga tidak ada waktu tunggu.

Selain itu, prodi ini memiliki tujuan menghasilkan perwira teknik mesin pertahanan yang mampu melaksanakan tugas profesi di lapangan sebagai seorang komandan peleton atau setingkat.

Lulusan jurusan ini pun diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan militer, taktik militer umum, dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki pengetahuan profesi teknik mesin pertahanan untuk pengembangan karier sebagai kader pemimpin.

4. Administrasi Pertahanan


Program studi Administrasi Pertahanan Akmil ini juga sudah terakreditasi A. Prodi ini mendidik calon perwira TNI AD untuk memiliki kompetensi dalam bidang kemiliteran dan administrasi pertahanan.

5. Manajemen Pertahanan


Jurusan Manajemen Pertahanan jenjang D4 Akmil ini sudah terakreditasi A. Tujuan prodi ini dibentuk agar menghasilkan lulusan perwira Akmil yang profesional di bidang Administrasi Pertahanan bisa menguasai ilmu kemiliteran.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)