Apakah Sekolah Kedinasan Sama dengan Politeknik ? Simak Penjelasannya Supaya Tidak Bingung

Jum'at, 19 Januari 2024 - 08:11 WIB
loading...
Apakah Sekolah Kedinasan Sama dengan Politeknik ? Simak Penjelasannya Supaya Tidak Bingung
Sekolah Kedinasan di Indonesia memang banyak yang menamai nama sekolahnya sebagai Politeknik, seperti Politeknik Kesehatan, dan lainnya. Foto/Poltekbang Makassar.
A A A
JAKARTA - Apakah sekolah kedinasan sama dengan politeknik ? Mengingat banyak sekolah yang berada dalam naungan kementerian atau pemerintah yang menggunakan orientasi pendidikan berdasar politeknik.

Sekolah Kedinasan di Indonesia memang banyak yang menamai nama sekolahnya sebagai Politeknik, seperti Politeknik Kesehatan, Politeknik Imigrasi, Politeknik Keuangan Negara, dan masih banyak lagi. Meski begitu, tetaplah ada perbedaan mendasar antara kedua istilah tersebut.

Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Politeknik


Perbedaan antara sekolah kedinasan dengan politeknik terletak pada definisi masing-masing. Dimana sekolah kedinasan adalah sekolah yang berada di bawah naungan kementerian atau lembaga pusat yang program studinya secara spesifik dibuka sesuai dengan kebutuhan kementerian atau lembaga tersebut.

Baca juga: Mau Lolos Seleksi di IPDN? Perhatikan Nilai Aman Tes Kebugaran Berikut Ini

Sedangkan Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan ilmu terapan.

Pada dasarnya sekolah kedinasan ini bisa saja menerapkan sistem politeknik atau universitas dalam pendidikannya.

Namun kebanyakan sekolah kedinasan di Indonesia memang cenderung lebih banyak yang menyediakan pendidikan ilmu keterampilan dan terapan, dan hanya menyediakan jenjang studi vokasi yang terdiri dari D3 dan D4.

Sehingga untuk sekolah kedinasan yang hanya menyediakan jenjang studi vokasi maka bisa disebut sebagai politeknik dalam orientasi pendidikannya.

Namun hal tersebut bukan berarti sekolah kedinasan ini sama dengan politeknik. Karena artian sama adalah dimana satu sama lain tidak memiliki perbedaan.

Baca juga: 3 Jalur Penerimaan Sekolah Kedinasan PKN STAN 2024, Ini Daftarnya!

Selain itu terdapat pula beberapa sekolah kedinasan yang menggunakan orientasi pendidikan dari Akademi dan Sekolah Tinggi.

Sehingga jika ditarik kesimpulan, maka ada beberapa sekolah kedinasan bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis politeknik, dan tidak semua politeknik adalah sekolah kedinasan.

Karena ada beberapa politeknik negeri dan swasta di Indonesia yang tidak berada dalam naungan kementerian. Seperti Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik TEDC Cimahi, dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan antara sekolah kedinasan dan politeknik di Indonesia. Sehingga meski ada beberapa sekolah yang menganut sistem orientasi pendidikan yang sama, bukan berarti akan ditepuk rata jika semua sekolah pelat merah.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)