2 Alasan Anggaran Beasiswa LPDP Dihentikan, Pahami Supaya Tidak Salah Tafsir

Selasa, 23 Januari 2024 - 14:23 WIB
loading...
2 Alasan Anggaran Beasiswa LPDP Dihentikan, Pahami Supaya Tidak Salah Tafsir
Anggaran Beasiswa LPDP yang akan dihentikan kini jadi berita yang mencuri banyak perhatian. Foto/YouTube LPDP.
A A A
JAKARTA - Anggaran Beasiswa LPDP yang akan dihentikan kini jadi berita yang mencuri banyak perhatian. Dari penyetopan pasokan dana ini terdapat beberapa alasan yang telah terungkap.

Fakta tentang pemberhentian anggaran beasiswa LPDP ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy , disebutkan jika anggaran LPDP sudah hampir mencapai angka Rp140 triliun.

Oleh sebab itu Muhadjir menjelaskan jika anggaran tersebut masih akan ditinjau sehingga dilakukan penyetopan alokasi APBN ke LPDP. Namun bukan berarti program beasiswa LPDP akan ditiadakan nantinya.

Baca juga: Pemerintah Akan Hentikan Alokasi Anggaran untuk Beasiswa LPDP

Penyediaan beasiswa dan riset oleh LPDP akan tetap berjalan seperti biasa.

Alasan Anggaran Beasiswa LPDP Dihentikan

1. Membenahi Riset dan Pengembangan Perguruan Tinggi


Muhadjir Effendy menyebutkan jika pemerintah akan membuka opsi anggaran pendidikan sebanyak 20 persen yang disalurkan ke dana LPDP akan dihentikan.

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk membenahi riset dan pengembangan perguruan tinggi, baik itu untuk jenjang diploma, sarjana, magister, maupun doktor.

2. Mempersiapkan Angkatan Kerja


Selain untuk pengembangan perguruan tinggi, dana tersebut rencananya bakal digunakan untuk mempersiapkan angkatan kerja yang kompatibel dengan perkembangan dan perubahan lapangan kerja.

Baca juga: 30 Universitas Luar Negeri Tujuan Beasiswa LPDP 2024 untuk Penyandang Disabilitas

Muhadjir mengatakan kebijakan itu sesuai dengan perintah Presiden Jokowi terkait peningkatan dana riset.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang telah menyoroti minimnya anggaran riset dan rendahnya rasio penduduk berpendidikan tinggi. Karena itulah beberapa langkah taktis ini dirasa perlu dilakukan.

Itulah dua alasan mengapa anggaran beasiswa LPDP akan dihentikan. Meski alokasi anggaran dihentikan, Muhadjir memastikan bahwa program beasiswa LPDP tetap dilanjutkan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3559 seconds (0.1#10.140)