Jadi Karya Terbaik Mahasiswa, Kapal Barunastra ITS Targetkan Juara Dunia Ke-6

Sabtu, 27 Januari 2024 - 09:54 WIB
loading...
Jadi Karya Terbaik Mahasiswa, Kapal Barunastra ITS Targetkan Juara Dunia Ke-6
General Manager Tim Barunastra ITS I Made Vibra Dananjaya (dua dari kanan) menjelaskan pengembangan kapal Nala Proteus 2.0 di hadapan Rektor ITS dan awak media. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Tim robotik maritim unggulan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Barunastra ITS siap berjaya dalam ajang International Roboboat Competition (IRC) 2024 di Florida, Amerika Serikat.

Tim Barunastra bakal mengusung kapal terbarunya, Nala Proteus 2.0, yang diluncurkan di halaman Gedung Rektorat ITS, Jumat (26/1/2024). Kapal tak berawak yang diresmikan Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng ini siap bersaing dalam kompetisi yang akan berlangsung pada 5 - 11 Februari mendatang.

Kapal andalan Barunastra ini dirancang dengan target meraih juara dunia kali keenam di ajang bergengsi tersebut, serta berperan aktif dalam berinovasi menghadapi tantangan di industri maritim.

Berbekal tekad tersebut, Ashari bangga dan antusias dalam mendukung langkah progresif tim Barunastra ITS menuju pencapaian prestasi di dunia global. Tentu saja, setelah sebelumnya berhasil mengalahkan berbagai universitas ternama dunia selama lima kali berturut-turut. "Inilah salah satu karya terbaik mahasiswa ITS untuk turut serta dalam mengembangkan teknologi kemaritiman," ujarnya.



Kapal dengan konsep kendaraan permukaan air tanpa awak tersebut diciptakan untuk mengarungi jalur yang penuh tantangan.
Tak hanya memamerkan keahlian manuver maritim yang impresif, kapal yang dibuat oleh para mahasiswa ini didesain untuk mengatasi tugas-tugas yang menyimulasikan tantangan dalam kehidupan nyata, termasuk pengawasan pesisir, keamanan pelabuhan, dan berbagai operasi oseanografi.

Siap bersaing melawan lebih dari 18 tim dari seluruh dunia, General Manager Barunastra ITS I Made Vibra Danajaya menjelaskan bahwa Nala Proteus 2.0 telah diperbaharui dengan menggunakan lambung fiberglass yang memiliki desain timbul.

Desain ini bertujuan untuk meningkatkan jarak antara permukaan air dan komponen listrik, sekaligus meningkatkan stabilitas dan keamanan kapal.

Tak hanya itu, kapal yang merupakan hasil pengembangan Nala Proteus pada tahun lalu ini juga telah mengalami peningkatan secara signifikan.

Kini, kapal tersebut dilengkapi dengan sistem propulsi terkini yang tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memberikan daya dorong dan torsi yang lebih besar. “Transformasi ini menjadikan kapal mampu mencapai kecepatan hingga 5 knot,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)