7 Faktor Penentu Kelulusan SNBP 2024 Selain Nilai Rapor, Berikut Indikatornya

Senin, 29 Januari 2024 - 13:48 WIB
loading...
7 Faktor Penentu Kelulusan SNBP 2024 Selain Nilai Rapor, Berikut Indikatornya
Terdapat sejumlah faktor lain yang turut memengaruhi kelulusan calon mahasiswa di SNBP 2024 selain nilai rapor, salah satunya adalah adanya sertifikat yang diakui secara Nasional.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 faktor penentu kelulusan SNBP 2024 selain nilai rapor yang perlu diketahui. Apakah kamu saat ini sedang mendaftarkan diri di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)?

Sesuai dengan namanya, kelulusan SNBP ditentukan oleh presetasi juga nilai akademik (rapor). Namun, tahukah kamu, terdapat sejumlah faktor lain yang turut memengaruhi kelulusan SNBP 2024. Apa saja? Artikel kali ini akan membahas 7 faktor penentu lulus SNBP 2024 selain nilai rapor, simak ya!

7 Faktor Penentu Lulus SNBP 2024 Selain Nilai Rapor


1. Sertifikat yang Diakui Secara Nasional


Pentingnya sertifikat tidak hanya pada keberadaannya, tetapi juga bobot dan nilai yang dimilikinya. Pedoman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjadi acuan utama untuk penilaian sertifikat yang diakui nasional dan internasional. Sertifikat dari lembaga terpercaya memberikan nilai tambah signifikan pada seleksi masuk PTN.

2. Akreditasi Sekolah


Akreditasi sekolah bukan hanya label, tetapi faktor penentu dalam kesuksesan siswa dalam SNBP 2024. Sekolah dengan akreditasi tinggi memberikan keunggulan persiapan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri.

3. Pertimbangkan Domisili Provinsi dalam Pemilihan PTN


Memilih PTN berdasarkan domisili provinsi dapat memberikan keuntungan tersendiri dalam tingkat kelulusan ujian masuk.


4. Konsistensi Jurusan sebagai Kunci Kelulusan


Konsistensi jurusan dari SMA ke PTN menjadi faktor kunci yang menentukan kelulusan. Memilih jurusan PTN yang sesuai dengan jurusan di SMA meningkatkan peluang diterima.

5. Track Record Alumni sebagai Pertimbangan Valid


Keberadaan alumni dari sekolah asal menjadi dasar valid dalam menilai calon mahasiswa baru. Perguruan tinggi mempertimbangkan persentase alumni dari sekolah tertentu sebagai indikator potensial.

6. Peran Ranking Paralel dalam Penerimaan Mahasiswa


Proses penerimaan mahasiswa mengacu pada sistem ranking paralel, yang menentukan penerimaan mahasiswa baru. Semakin tinggi ranking paralel, semakin besar peluang diterima di universitas tersebut.

7. Pentingnya KKM


Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mencerminkan kualitas pendidikan suatu sekolah. Persentase KKM menjadi indikator penting dalam menilai peluang siswa lolos SNMPTN
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)