10 Universitas dengan Lulusan IT yang Banyak Disukai Perusahaan, Ada Kampus Favoritmu?

Rabu, 31 Januari 2024 - 11:16 WIB
loading...
10 Universitas dengan Lulusan IT yang Banyak Disukai Perusahaan, Ada Kampus Favoritmu?
Universitas Bina Nusantara (Binus University) merupakan salah satu kampus dengan lulusan jurusan IT yang banyak disukai perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas dengan lulusan jurusan IT yang disukai banyak perusahaan. Kamu mahasiswa jurusan teknik informatika (IT) dan sedang galau tentang masa depanmu?

Jangan khawatir, berdasarkan World Economics Forum (WEF), pekerjaan pada bidang Teknik Informatika (IT) akan banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Bagi kamu lulusan SMA/SMK atau sederajat yang berminat mendaftar di jurusan IT hendaknya perlu memilih kampus yang memberikan pembelajaran IT yang baik, dan lulusannya disukai oleh perusahaan.

Mengutip akun Instagram @dealls.jobsa, artikel kali ini akan membahas daftar universitas dengan lulusan IT paling banyak disuka perusahaan, kampus mana saja?

10 Universitas dengan Lulusan IT yang Disukai Perusahaan


1. Universitas Bina Nusantara

2. Universitas Telkom

3. Universitas Indonesia

4. Institut Teknologi Bandung

5. Universitas Kristen Satya Wacana

6. Universitas Gadjah Mada

7. Universitas Hasanuddin

8. Universitas Diponegoro

9. Universitas Airlangga

10. Universitas Brawijaya


Mengenal Jurusan Teknik Informatika


Teknik Informatika adalah suatu bidang studi yang melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan menggunakan prinsip dan proses logika.

Lebih jelasnya lagi, Jurusan Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Profesi yang Lulusan Teknik Informatika


1. Programmer

Pekerjaan ini berkaitan erat dengan segala jenis perkembangan teknologi. Programmer atau pemrogram komputer memiliki tanggung jawab untuk menulis kode-kode (coding) suatu software atau aplikasi. Seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman serta handal dalam menggunakannya.

2. Data Scientist

Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang data scientist yaitu data mining, scripting dan programing, dan kemampuan statistik yang kuat. Sehingga, data scientist atau ilmuwan data bisa menjadi salah satu karier pilihan untuk lulusan teknik informatika.

Seorang data scientist bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, serta menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil suatu keputusan. Hingga kini, seorang data scientist masih tergolong langka, padahal permintaan tenaga kerjanya sudah sangat tinggi.

3. Web Developer

Pengembang web atau yang dikenal juga sebagai web developer merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati. Seorang web developer bertugas untuk membangun website atau sistem web, mulai dari mengatur domain, membuat basis data, hingga mendesain, mengembangkan, dan memelihara situs web. Seorang web developer dapat juga bekerja sendiri sebagai freelancer yang mengerjakan proyek berdasarkan permintaan klien.

4. Mobile Application Developer

Pekerjaan seorang mobile application developer adalah membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphone di berbagai sistem operasi. Untuk menjadi seorang mobile application developer, kamu perlu mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment untuk platform yang dipilih.

5. System Analyst dan System Integrator

Lulusan teknik informatika juga dapat melakukan analisis terhadap sistem dalam satu instansi atau perusahaan, dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak. Seorang system analyst biasanya akan diminta untuk melakukan pengecekan, mulai dari system definition, database, hingga perangkat keras yang digunakan dalam suatu sistem.

6. Web Engineer atau Web Administrator

Seorang web engineer atau web administrator berperan dalam merancang, membangun, mengembangkan, sekaligus memelihara website serta berbagai layanan dan fasilitas yang berjalan di dalamnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)