Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini 6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN

Kamis, 01 Februari 2024 - 10:26 WIB
loading...
Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini 6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN
Salah satu perbedaan antara SNBP dan SPAN PTKIN adalah penyelenggaranya. Jika SNBP oleh Kemendikbudristek, SPAN PTKIN penyelenggaranya oleh Kementerian Agama.Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN yang perlu diketahui calon mahasiswa. Kamu calon mahasiswa yang akan mendaftar di 2024? Ada sejumlah informasi dasar yang perlu kamu ketahui. Salah satunya jenis seleksi masuk di perguruan tinggi.

Seleksi masuk universitas atau perguruan tinggi negeri banyak macamnya, salah satunya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).Selain SNBP, ternyata ada jalur masuk lain untuk ke perguruan tinggi yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islaman Negeri (PTKIN).

Lalu apa sajakah perbedaannya dengan SNBP? Untuk menjawabnya, artikel kali ini mengutip akun Instagram @masukptn, akan mengulas perbedaan keduanya, simak yuk!

6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN


1. Persyaratan


Baik SNBP maupun SPAN PTKIN, keduanya memiliki persamaan dalam membuat akun. Hanya saja, berada di laman atau situs yang berbeda.

Di SNBP, wajib membuat akun SNPMB siswa, SNPMB sekolah, dan PDSS nilai siswa diisi di situs atau website pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk SPAN PTKIN, membuat akun SPAN PTKIN siswa dan PDSS nilai siswa diisi pada laman pdss.span-ptkin.ac.id.

2. Penyelenggara


SNBP atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi memiliki penyelenggara yang berbeda dengan SPAN PTKIN. SNBP diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, atau Kemendikbudristek. Sedangkan SPAN PTKIN diselenggarakan oleh Kementerian Agama atau yang sering disebut Kemenag.

3. Prodi dan Kampus


SNBP dan SPAN PTKIN memiliki persyaratan pemilihan prodi atau program studi serta kampus yang berbeda. Di dalam SNBP, siswa bisa memilih program studi yang bersifat umum seperti Ekonomi atau Ilmu Komunikasi.



Kampus yang dipilih siswa di dalam SNBP yaitu PTN atau Perguruan Tinggi Negeri dan termasuk juga UIN serta politeknik.
Sementara untuk SPAN PTKIN, siswa hanya dapat memilih program studi keagamaan seperti Ekonomi syariah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dll. Kampus yang dipilih siswa di dalam SPAN PTKIN juga terbatas yaitu UIN, IAIN, dan STAIN.

4. Jadwal


Pendaftaran SNBP yaitu tanggal 14-28 Februari 2024 dan hasilnya diumumkan tanggal 26 Maret 2024. Pendaftaran SPAN PTKIN adalah tanggal 12 Februari hingga 15 Maret 2024 dan pengumuman hasil tanggal 2 April 2024.

5. Beasiswa KIPK


Pendaftaran SNBP menggunakan KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) dilakukan di situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran SPAN PTKIN juga bisa menggunakan KIPK dan dilakukan di website kip-kuliah.kemenag.go.id.

6. Kuota Sekolah


SNBP untuk siswa yang eligible, kuotanya di SNBP berbeda tergantung akreditasi sekolah. A sebanyak 40%, B 25%, dan C 5% saja. Sedangkan, untuk SPAN PTKIN jumlahnya tidak ditetapkan atau tidak ada batas minimal dan maksimalnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)