7 Universitas yang Buka Jalur Khusus untuk Content Creator dan YouTuber di Indonesia

Kamis, 01 Februari 2024 - 13:46 WIB
loading...
7 Universitas yang Buka Jalur Khusus untuk Content Creator dan YouTuber di Indonesia
Selain dapat menyalurkan ide dan kreativitas, menjadi content creator di media sosial juga dapat menghasilkan cuan dan popularitas yang menjanjikan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 universitas yang membuka jalur khusus untuk content creator dan youtuber . Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan kini kalangan anak muda yang memanfaatkan media sosial untuk berkarier.

Bahkan banyak ditemukan cita-cita sebagian generasi muda saat ini mulai bergeser, dari yang konvensional seperti guru, dokter, hingga pilot berubah menjadi content creator. Aapa itu content creator?

Selain dapat menyalurkan ide dan kreativitas, menjadi content creator di media sosial juga dapat menghasilkan cuan dan popularitas yang menjanjikan.

Tren ini pun ditangkap oleh sejumlah perguruan tinggi yang saat ini mulai ramai-ramai melirik profesi content creator baik youTuber, selebgram maupun seleb TikTok dalam merekrut mahasiswa baru di kampusnya. Artikel kali ini akan membahas daftar universitas yang membuka jalur content creator dan youtube, simak ya!

7 Kampus Ini Buka Jalur Khusus untuk Content Creator dan YouTuber


1. UPN Veteran Jakarta


Melansir dari laman resminya yakni upnvj.ac.id, UPN Veteran Jakarta termasuk salah satu PTN yang menyediakan jalur masuk khusus untuk para Youtuber, content creator, maupun influencer.

Kini, UPN Veteran Jakarta harus siap berkompetisi dengan universitas lain dalam merekrut content creator muda yang kreatif, cerdas, dan adaptif dengan lingkungan digital saat ini. Berikut beberapa persyaratannya:

1. Subscriber 10.000
2. 1 video dengan viewers minimal 100.000
3. Content mendidik, positif, dan kreatif
4. Ada uji keterampilan

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Melansir dari laman its.ac.id, ITS juga termasuk PTN yang punya jalur masuk khusus untuk para pelajar yang berprofesi sebagai Youtuber, influencer, maupun content creator. ITS memiliki jalur masuk yang bernama Golden Ticket.

Golden Ticket adalah pola seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri untuk pelajar berprestasi yang berminat berkuliah di ITS pada program sarjana.

Jalur khusus content creator ini dibuka di jurusan desain produk ITS. Prestasi yang dipertimbangkan adalah prestasi nasional atau internasional, kreator, konten, atau wirausahawan.

3. Universitas Muhammadiyah Malang


Melansir dari laman umm.ac.id, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) punya beasiswa talenta unggul yang memungkinkan mahasiswa termasuk content creator dan Youtubers mendapatkan potongan SPP sampai lulus semester kedelapan.

Potongan biaya SPP yang disediakan juga bervariasi, yakni 25 hingga 27 persen tiap semesternya. Syaratnya, mahasiswa harus memiliki indek prestasi (IP) yang stabil, yakni di atas 3,80 di tiap semester.


4. Institut Teknologi Telkom Surabaya


Institut Teknologi Telkom Surabaya punya beasiswa buat kamu talenta unggul yang aktif, kreatif, dan ngehits serta inspiratif sebagai content creator atau influencer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3552 seconds (0.1#10.140)