10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus di Era 5.0 yang Bisa Jadi Rekomendasi

Minggu, 04 Februari 2024 - 09:19 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus di Era 5.0 yang Bisa Jadi Rekomendasi
Jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus di era 5.0. Foto/inc42.com.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus di era 5.0 ini bisa jadi rekomendasi bagi para calon mahasiswa. Karena salah satu kualifikasi dalam memilih jurusan yang ingin dituju adalah memiliki prospek cerah di masa depan.

Era 5.0 ini akan dimulai ketika industri 4.0 sudah mencapai puncaknya dan para pakar berpendapat bahwa era 4.0 dapat disempurnakan lagi. Secara umum, era 5.0 menitikberatkan pada integrasi antara teknologi canggih seperti AI, IoT, dan teknologi robot teknologi.

Baca juga: Jurusan dengan Prospek Kerja Cerah untuk 5 Tahun Mendatang

Para ahli berpendapat jika di masa depan AI (Artificial Intelligence) akan mendominasi dan akan membuat kemampuan individu manusia di dunia kerja akan tergantikan oleh teknologi robotik. Hal ini membuat banyak orang mulai khawatir jika pekerjaannya di masa depan akan tergantikan oleh robot atau AI.

Namun dibalik itu, perkembangan teknologi ini justru juga bisa menjadi peluang pekerjaan besar bagi manusia, terutama di bidang teknis. Bahkan saat ini beberapa Universitas di Indonesia telah menyediakan sejumlah jurusan-jurusan kuliah baru untuk menyongsong masa depan.

10 Jurusan Kuliah Prospek Kerja Bagus di Era 5.0

1. Artificial Intelligence


Jurusan ini banyak mempelajari tentang cara mengembangkan sistem yang mampu meniru kemampuan manusia dalam berpikir, belajar, dan beradaptasi dengan lingkungan. Binus, Universitas Brawijaya, dan Unair, jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

2. Biomedis


Biomedis banyak mempelajari tentang fenomena makhluk hidup di tingkat molekul, sel, organ, sampai organisme utuh yang berhubungan dengan penyakit, cara pencegahan, pengobatan, dan pemulihannya. UI, Unhas, dan ITS, jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

3. Ilmu Kesehatan Digital


Jurusan yang mempelajari tentang rekam medis elektronik, pengembangan aplikasi kesehatan, dan analisis data kesehatan, ini tersedia di UI, Unair, dan UGM.

4. Teknik Robotik


Lulusan jurusan ini diharapkan akan dapat melakukan perancangan robot canggih yang dapat membantu di masa depan.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa, Manajer Investasi hingga Ahli Aktuaria

UI, Unhas, dan ITS, jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. ITS, Universitas Negeri Malang, dan ITS, jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini.

5. Teknologi Informasi


Sampai saat ini dan untuk kedepannya di era 5.0, jurusan teknologi informasi jadi jurusan yang masih sangat dibutuhkan. Telah banyak juga universitas yang membuka jurusan ini, seperti UI, UGM, ITB, dan masih banyak lagi.

6. Manajemen Bisnis Digital


Banyak hal yang dipelajari jurusan ini, seperti strategi pemasaran digital, teknik pemasaran melalui internet, media sosial, SEO, dan kampanye iklan online. Saat ini beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Manajemen Bisnis Digital adalah, Unpad, UMN, dan Binus.

7. Kewirausahaan Teknologi


Jurusan yang disediakan oleh Universitas Telkom, Universitas Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang ini berfokus pada cara berwirausaha supaya dapat bergerak mengikuti majunya teknologi yang semakin pesat.

8. Keuangan Digital


Jurusan financial technology (Fintech) adalah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi di bidang keuangan dalam aktivitas finansial, mulai dari transaksi, pinjaman, investasi, permodalan, dan lainnya. Jurusan ini tersedia di Universitas Trisakti, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Parahyangan.

9. Teknik Informatika


Jurusan kuliah yang mempelajari teknologi terkini dan mengembangkan kreativitas dalam bidang teknologi, ini juga akan sangat berguna di era 5.0. Teknik Informatika telah banyak tersedia di berbagai universitas, seperti UI, ITB, hingga ITS.

10. Teknik Komputer


Teknik Komputer mempelajari tentang mempelajari cara mengembangkan, membuat prototype, dan menguji microchip, sirkuit, prosesor, konduktor, dan komponen lainnya yang digunakan dalam perangkat atau sistem komputer. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini diantaranya, Universitas Telkom, UI, Binus, ITB dan masih banyak lagi.

Itulah 10 jurusan kuliah yang diperkirakan punya prospek kerja bagus di era 5.0. Beberapa jurusan ini tentu dapat jadi pilihan bagi para calon mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan tujuan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2630 seconds (0.1#10.140)