Bolehkah Mendaftar Sekolah Kedinasan Lebih dari Satu ? Persiapan Menuju Seleksi CPNS 2024

Senin, 05 Februari 2024 - 10:46 WIB
loading...
Bolehkah Mendaftar Sekolah Kedinasan Lebih dari Satu ? Persiapan Menuju Seleksi CPNS 2024
Bolehkah mendaftar sekolah kedinasan lebih dari satu menjadi salah satu pertanyaan menarik untuk diketahui jawabannya. Foto/YouTube PKN STAN.
A A A
JAKARTA - Bolehkah mendaftar sekolah kedinasan lebih dari satu menjadi salah satu pertanyaan menarik untuk diketahui bagi yang ingin menjadi CPNS . Terlebih ada puluhan sekolah kedinasan yang tersedia.

Jalur menjadi CPNS melalui pola ikatan dinas di perguruan tinggi kedinasan kembali dibuka pemerintah tahun ini dengan kuota sebanyak 6.027 formasi.

Delapan instansi pemerintah yang memiliki sekolah kedinasan kembali membuka pintu lebar-lebar bagi seluruh putra putri Indonesia mendaftar menjadi peserta didiknya.

Baca juga: Resmi, Ini 8 Instansi yang Buka Formasi Sekolah Kedinasan 2024, Lulus Jadi CPNS

Sebut saja Kementerian Keuangan yang memiliki PKN STAN , Kementerian Dalam Negeri yang menaungi IPDN , Kementerian Hukum dan HAM yang mempunyai Poltekim dan Poltekip.

Belum lagi sekolah kedinasan di bawah Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan Kementerian Perhubungan.

Boleh Mendaftar Sekolah Kedinasan Lebih dari Satu ?


Dengan banyaknya sekolah kedinasan yang tersedia di seluruh Indonesia, satu pertanyaan yang muncul, apakah boleh mendaftar sekolah kedinasan lebih dari satu?

Dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023, di situ tertulis bahwa Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai
sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masingmasing sekolah kedinasan.

Kemudian setelah mendaftar lalu mengikuti seluruh proses seleksi maka pelamar yang lulus tes dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan diharapkan menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Baca juga: Mau Daftar Sekolah Kedinasan? Segini Biaya Pendaftarannya di 2024

Tahap pemilihan sekolah kedinasan yang akan dituju pada proses pendaftaran itu adalah setelah mengunggah foto selfie. Pada kolom nanti akan ada kolom pilihan sekolah kedinasan yang hanya bisa diklik satu saja.

Kemudian juga diminta disi kolom Pendidikan sesuai dengan kualifikasi pendidikan, lalu isi kolom Jurusan sesuai dengan jurusan yang hendak dilamar, isi kolom Lokasi Kampus yang akan dilamar juga Lokasi Daerah Asal Afirmasi Khusus Alokasi Daerah.

8 Instansi untuk Formasi Sekolah Kedinasan 2024


1. Kementerian Keuangan
2. Kementerian Dalam Negeri
3. Kementerian Hukum dan HAM
4. Kementerian Perhubungan
5. Badan Intelijen Negara (BIN)
6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
7. Badan Pusat Statistik (BPS)
8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Formasi Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024


1. Formasi instansi pusat: 429.183 terbagi atas 207.247 CPNS dan 221.936 bagi PPPK
2. Formasi daerah: 483.575 CPNS daerah terbagi atas lowongan teknis dan 1.383.758 PPPK daerah yang akan dibuka untuk guru, tenaga kesehatan, dan teknis.
3. Formasi sekolah kedinasan: 6.027

Itu sejumlah ketentuan tentang apakah boleh memilih lebih dari satu sekolah kedinasan pada seleksi 2023 lalu. Saat ini, seleksi sekolah kedinasan 2024 masih belum dibuka. Rencananya akan dimulai pada Maret 2024 nanti.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)