Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Banyak Diincar Pertamina

Selasa, 06 Februari 2024 - 14:06 WIB
loading...
Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Banyak Diincar Pertamina
Jurusan kuliah D3 yang lulusannya banyak diincar Pertamina terdiri dari berbagai program studi. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Jurusan D3 yang lulusannya diincar Pertamina terdiri dari berbagai program studi. Apakah hanya dari jurusan teknik saja? Berikut ini ulasannya.

PT Pertamina adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang lowongan kariernya banyak diburu, tidak hanya oleh fresh graduate namun oleh para pencari kerja lainnya.

Perusahan migas terbesar di Indonesia ini membutuhkan tenaga profesional dari beragam jurusan untuk mengisi berbagai posisi di satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk daftar Fortune Global 500 pada 2023.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus di Era 5.0 yang Bisa Jadi Rekomendasi

Tidak hanya dari jenjang sarjana maupun pascasarjana, namun Pertamina pun membutuhkan lulusan dari jurusan Diploma 3 (D3).

Misalnya saja pada Rekrutmen Bersama Batch 2 2022 dan rekrutmen pada 2021 lalu, Pertamina membuka penerimaan untuk lulusan D3 dari beberapa jurusan, berikut ini daftarnya.

Jurusan Kuliah D3 yang Dibutuhkan Pertamina

1. Teknik Kimia


Jurusan D3 Teknik Kimia akan mempelajari tentang Kimia Analisis, Fisika Terapan, Termodinamika Teknik Kimia, Teknologi Bioproses, Praktikum Teknik Reaksi Kimia dan hal yang berkaitan dengan ilmu kimia lainnya. Demikian yang dijelaskan oleh Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS).

Teknik Kimia D3 di antaranya ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Sekolah Vokasi UNS, Politeknik Negeri Bandung, hingga Universitas Riau.

2. Teknik Mesin


Calon mahasiswa D3 Teknik Mesin akan dididik untuk memiliki kompetensi di bidang engine, chasis suspensi, power train, dan elektrikal khususnya dan bidang tekniks mesin seperti rekayasa material juga manufaktur.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Perusahaan BUMN MIND ID, Cek di Sini

Beberapa kampus yang mempunyai jurusan Teknik Mesin adalah Institut Sains dan Teknologi Nasional, Universitas Tidar, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Muhammadiyah Yogkarta, dan lainnya.

3. Teknik Lingkungan


Jurusan ini akan mempelajari, mengembangkan dan mengaplikasikan interdisiplin ilmu geomatika, sumber daya air dan lingkungan.

Beberapa kampus yang ada jurusan ini adalah Politeknik Negeri Lampung, Universitas Pandanaran Semarang, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas PGRI Argopuro Jember, dan lainnya.

4. Teknik Elektro


Sejumlah mata kuliah yang akan dipelajari adalah mengenai komponen dan piranti, rangkaian listrik, dasar pemrograman dan algoritma, bahasa pemrograman, rangkaian elektronika, instalasi listrik industri, hingga teknik kontrol industri.

Beberapa kampus yang ada jurusan D3 Teknik Elektro adalah Politeknik Elekronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, dan lainnya.

5. Teknik Industri


Jurusan D3 yang juga dibutuhkan Pertamina salah satunya Teknik Industri. Ini merupakan peluang menarik bagi mahasiswa Teknik Industri yang ingin bekerja di perusahaan migas.

D3 Teknik Industri di antaranya ada di UNS, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Universitas Negeri Gorontalo, Politeknik
Aceh Selatan dan lainnya.

Selain kelima jurusan di atas tentunya masih banyak lagi jurusan D3 yang dibutuhkan oleh Pertamina dan juga anak perusahaanya yang tersebar di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)