7 Jurusan Kuliah S2 yang Paling Diincar BUMN, dari Manajemen hingga Ilmu Komputer

Rabu, 07 Februari 2024 - 08:55 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah S2 yang Paling Diincar BUMN, dari Manajemen hingga Ilmu Komputer
7 jurusan kuliah S2 yang paling diincar BUMN sebagai rekomendasi melanjutkan studi di perguruan tinggi. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 7 jurusan kuliah S2 yang paling diincar BUMN . Beberapa jurusan ini bisa dipilih bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah S2 untuk mengincar kerja di perusahaan pelat merah.

Setiap orang yang melanjutkan pendidikannya hingga S2 kebanyakan ingin mendapatkan karier yang lebih baik dari sebelumnya. Terlebih, persaingan di dunia pekerjaan untuk S2 saat ini tidak seketat persaingan pekerjaan untuk para sarjana.

Salah satu tempat yang dituju untuk bekerja para lulusan S2 ini adalah BUMN. Setiap pekerja BUMN bisa dibilang sudah dipastikan punya kehidupan dan karier yang terjamin.

7 Jurusan Kuliah S2 yang Paling Diincar BUMN

1. Manajemen


Pada rekrutmen BUMN tahun 2023 lalu, jurusan S2 Manajemen ini banyak dicari untuk menjadi staf penyusunan rencana strategis, dan staf pengembangan usaha.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Non Teknik yang Alumninya Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN

Hal tersebut tak heran, mengingat jurusan ini memang mempelajari tentang kemampuan dalam mengelola berbagai aspek bisnis, seperti pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, produksi, operasi, dan strategi bisnis.

2. Psikologi


Lulusan S2 Psikologi akan dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan BUMN untuk mengisi posisi di bagian pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Diklat. Bagi lulusan yang sudah berpengalaman tentunya akan lebih mudah untuk diterima.

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan antar manusia. Membuat lulusannya ini berguna ditempatkan di bidang-bidang yang berhubungan dengan SDM.

3. Akuntansi


Selanjutnya ada akuntansi yang akan selalu dibutuhkan untuk menjadi akuntan di BUMN. Pada dasarnya ilmu ini mempelajari cara pencatatan laporan keuangan, memeriksa, dan memberi penilaian atas informasi keuangan.

Namun dalam jenjang S2, Ilmu Akuntansi akan dibedah secara mendalam. Membuat lulusan S2 akuntansi nantinya berkesempatan mendapat posisi yang lebih tinggi.

4. Ilmu Komunikasi


Lulusan S2 Ilmu Komunikasi juga dibutuhkan di BUMN, utamanya untuk menjadi humas, atau marketing. Jurusan ini akan sangat dibutuhkan di media-media milik pemerintah.

Baca juga: Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Banyak Diincar Pertamina

Kemampuan yang dimiliki lulusan S2 Ilmu Komunikasi ini bisa dibilang cukup beragam, mulai dari kemahiran penyusunan bahasa hingga menciptakan bahasa-bahasa persuasif yang menarik.

5. Arsitektur


BUMN yang bergerak di bidang pembangunan akan sangat membutuhkan peran seorang arsitek yang bertugas sebagai perancang. Karena itulah peran lulusan S2 Arsitektur ini akan sangat dibutuhkan.

Lulusan arsitektur pastinya akan punya pengalaman dalam hal membentuk rancangan konstruksi dengan memperhatikan nilai fungsi, keindahan, dan keamanan.

6. Teknik


Gelar master di bidang teknik juga sangat dibutuhkan BUMN, mengingat saat ini tenaga teknis sangatlah dibutuhkan. Dengan lulusan S2 Teknik, selain dapat mengisi posisi tenaga teknis juga dapat mengelola pekerjaan para pekerja teknis.

Lulusan S2 Teknik pastinya telah dibekali dengan cara berpikir tentang gambaran besar industri dalam hal perencanaan dan pengembangan, manajemen, dan pemikiran kritis lintas industri.

7. Ilmu Komputer


Era digitalisasi yang terus berkembang saat ini membuat jurusan S2 Ilmu Komputer jadi yang paling dicari saat ini dan kemungkinan di masa depan.

Alumni S2 Ilmu Komputer ini nantinya akan dapat memecahkan masalah sistem komputer, menghasilkan algoritma yang efektif, mengelola basis data skala besar, dan membuat perangkat lunak dan perangkat keras yang inovatif.

Itulah tujuh jurusan kuliah S2 yang banyak diincar BUMN . Meski begitu, dalam pemilihan jurusan tetaplah harus mempertimbangkan kemampuan diri sehingga tidak akan terbebani ketika menempuh pendidikan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)